Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Thursday, December 28, 2017

Menghitung Biaya Listrik Bulanan yang dihabiskan PC kita!



biaya listrik bulanan adalah salah satu hal yang biasa kita perhitungkan matang-matang sebelum membeli PC. Apalagi buat anak kontrakan atau yang punya rumah sendiri. Punya PC bagus tapi konsumsi daya yang tinggi juga kadang bikin kita mikir dua kali.

Jadi, gimana sih caranya menghitung atau memperkirakan konsumsi daya PC yang kita miliki (atau baru mau beli)..? Ikutin aja guide ini. Lengkap dari merancang PC sampai biaya yang perlu kita bayar.

Udah punya PC atau belum? Kalo sudah punya PC bisa SKIP step 0.
Kalo belum? Bacalah!


STEP 0: Simulasi Rakitan PC

Buka http://enterkomputer.com/simulasi.php untuk mensimulasi rakitan pcmu nanti bakal kayak apa.




STEP 1: Buka situs Watt Calculator

Buka http://outervision.com/power-supply-calculator untuk memasukkan spek PC yang sudah kamu rakit. Misalkan nih ya, kita akan merakit PC Build SMALL HUNTER yang ada di artikel rakitan masjack yang satu ini. spek SMALL HUNTER AMD Version ke situs tersebut.



Spek My PC (Low End Class)
===================
Intel Core 2 Quad Q6600 G0 2400 MHz Kentsfield
AMD  Radeon HD5570 1GB
RAM 2×2 GB DDR2 Module
HDD 320GB 5.4K RPM SATA 2
HDD Laptop Western Digital (WD) Blue 2.5" 640GB (jadi tambahan harddisk internal PC)
Keyboard + Mouse
Casing Simbada Sim-X -> 1 fans
Monitor LCD 17"

Nanti setelah di input bakal jadi kayak gini nih. Setelah itu, masukkan jam operasional komputer tersebut setiap harinya. Pilihannya adalah 8 jam, 16 jam, atau 24 jam. Pertama coba kita masukkan 8 jam ya.
Terus di klik deh yang di pojok kanan bawah => CALCULATE
Nanti bakal muncul informasi seperti ini kan.




Ambil angka 262 W di rekomendasi Watt PSU. Mengapa kita mengambil angka tersebut? untuk melihat load yang benar-benar full load dari sebuah komputer, jadi angka tagihan listrik yang akan kita lihat nanti adalah kemungkinan termahal yang akan kita bayar. Kemungkinan besar, malah akan kurang dari itu.


STEP 2: Konversi Watt tadi menjadi kWh

Input angka tadi ke dalam kalkulator yang ada di situs ini.



atau, hitung sendiri dengan menggunakan rumus ini


Setelah kita dapat kWh atau kiloWatt per hour, yakni sebesar 2.096 kWh, lanjut ke step 3.


STEP 3: hitung simulasi tagihan listrik PC kita

Jika alat listrik dan lama pemakaian alat listrik kita sesuai dengan contoh perhitungan diatas, maka sekarang kita sudah mendapatkan hasilnya, bahwa pemakaian daya listrik kita setiap hari adalah 2,096 KWH

Dengan data diatas kita dapat menghitung berapa rupiah tagihan listrik Anda dengan mengkalikan total KWH dengan TDL (tarif dasar listrik) yang terpasang.

Jika tarif dasar listrik dengan daya 900 watt adalah Rp 1.352

Maka biaya tagihan listrik anda sehari adalah : 2,096 kwh x Rp 1.352 = Rp 2.833,792 perhari.

Setelah kita mendapatkan pemakaian KWH selama satu hari, sekarang kita tinggal mengalikan dengan berapa hari dalam sebulan.

Jika sebulan adalah 30 hari, maka biaya listrik sehari tadi dikali dengan 30 hari.
Jika dalam sebulan pemakaian listrik Anda sesuai atau sama dengan perhitungan pemakaian setiap harinya, maka tagihan listrik Anda sebulan adalah :

Rp 2.833,792 x 30 hari = Rp 85.013,76

Yap, akhirnya diketahui bahwa konsumsi daya sebuah PC saya adalah Rp 85.013,76 alias Rp 85.100 rupiah sebulannya! Jumlah yang setara dengan sekali makan di Pizza Hut bersama teman-teman. Ternyata tidak sebesar dan semenakutkan dugaan saya sih, hehe.

Sebenarnya besaran biaya perhitungan pemakaian listrik tergantung kita sebagai penggunanya, untuk itu kita bisa berhemat agar apa yang kita lakukan selama ini tidak sia-sia dan setidaknya mencegah pemborosan akibat penggunaan listrik yang berlebihan.


Semoga bermanfaat!

Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...