Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Saturday, May 20, 2017

Pengalaman Confirmatory Tes dan Psikotes BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK 2017

Dari tulisan saya sebelumnya PengalamanMelamar di BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK 2017, saya akan meneruskan pengalaman saya ikut Confirmatory Tes pada tanggal 16 mei 2017 pukul 08.00, saya mendapatkan sms dan email dari BPJS Ketenagakerjaan yang menginformasikan untuk tes di gedung Mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta (Jl. Laksda Adisucipto No.88 Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY 55281).

Butuh perjuangan juga untuk perjalanan saya dari Semarang ke Yogyakarta, Karena jadwal saya di batch 1 artinya saya harus berangkat pagi buta supaya bisa sampai tepat waktu. Pelaksanaan tes CT (Confirmatory Tes) pesertanya sendiri di total dibagi dalam 4 batch dimana pengurutannya sesuai huruf abjad dari nama peserta tes dan pembagiannyapun dipisah antara peserta laki-laki dan perempuan. Untuk jadwal laki-laki adalah pagi sedangkan perempuan adalah siang. Dalam email dari BPJSTK telah dijadwalkan untuk tes CT Batch 1 adalah pukul 07.00 s.d 09.30, dilanjutkan Batch 2 jam 09.30 sampai dengan Batch 4 dan selesai bisa sampai waktu maghrib.


Antrian panjang peserta seleksi

Sebelum masuk ruang tes kita disuruh menyiapkan alat tulis, ktp/sim terbaru, kartu peserta, dan papan jalan. Ktp / sim digunakan untuk ngecek apakah foto kita sama atau beda. Sepertinya pihak panitia memang mewaspadai jika adanya perjokian di rekrutmen ini.


Tempat Confirmatory Tes dan Psikotes BPJSTK 2017

Confirmatory tes ini dibagi menjadi 5 bagian soal. Perbagian atau persubtesnya 10 menit. Bagian 1 adalah pola gambar (menggabungkan beberapa gambar), bagian 2 adalah pola gambar (membuat gambar menjadi beberapa bagian), bagian 3 soal cerita matematika, bagian 4 analogi kata (contoh gula:manis=suka:asam), terakhir bagian 5 adalah deret angka.

Pengumumannya jam 5 pagi esok hari via sms dan online web, kalau lolos CT dijadwalkan tes lagi (psikotes) jam 7 pagi. Mantab jiwa nih jaraknya cuma 2 jam. Hedeh. Kalaupun masih ragu Karena belum dapat notivikasi sms ataupun online web bisa datang langsung ke lokasi tes yang akan ditempel panitia di papan pengumuman sebelum tes berlangsung. Saya Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk lanjut ke Psikotes esok harinya.




Psikotes Cuma ada dua shift, shift 1 jam 7 pagi dan shift 2 jam setengah 1 siang. materi psikotesnya sendiri terdiri dari 7 tipe (buanyak ya..) yaitu Kraeplein, Deskripsi Diri, Form 1 (milih Sering atau Jarang dalam satu pertanyaan), EPPS (Edwards Personal Preference Schedule), Wartegg, DAT (Draw a Tree), dan DAP (Draw a Person). Sangat panjang juga bagi saya selama pengalaman menjalani sebuah psikotes. Betapa tidak selama kurang lebih 5 jam diharuskan mengikuti setiap tahapannya secara berurutan tanpa istirahat. Cukup membuat panas juga tangan & otak ini. Hehe..

Tiba saatnya pengumuman psikotes seperti hari sebelumnya yaitu besok paginya, yang jika dinyatakan lolos maka paginya akan langsung mengikuti tes selanjutnya yaitu LGD (Leaderless Group Discussion) dan wawancara psikologi hanya tempat pelaksanaan tes yang sedikit dirubah di gedung sebelah yaitu di hotel Grand Mercure Yogyakarta. Sebagai catatan jika dapat dihitung untuk peserta yang lolos dari tahap tes online sampai ke tahap LGD adalah sekitar 100an dari 600an orang tiap batchnya, yang artinya jika dikalikan 4 maka sekitar 579 dari 2400an peserta seleksi.

Sebagai catatan saja untuk kelengkapan berkas seperti SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) dan lainnya walaupun dianjurkan untuk menyiapkan sebelum pelaksanaan Confirmatory Tes, tetapi biasanya pengumpulan berkas tersebut setelah kita lolos tes psikotes dan masuk ke tes LGD dan wawancara psikologi.


Mungkin masih belum rejeki saya untuk bisa sampai ke tahap ini (LGD & wawancara psikologi) untuk tahun ini. Alhamdulillah saya sudah diberikan kesempatan mengikuti setengah dari rangkaian tes ini. Mudah-mudahan saya dan pembaca yang mungkin masih kurang beruntung seperti saya diberikan rejeki yang lebih baik lagi kedepan, dan yang lolos tetap semangat yaw. Tapi walaupun begitu saya akan tetap berusaha melanjutkan tulisan ini sebisa mungkin dari rangkaian tes selanjutnya dari pengalaman teman-teman yang lolos.


Untuk LGD dan wawancara psikologi sendiri dibagi menjadi 6 batch dari 579 yang berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 18 s.d 19 Mei 2017. Jadi sekitar 95an setiap batch. Materi Leaderless Group Discussion (LGD) dari teman-teman yang telah mengikutinya adalah mengenai diskusi sifat penting dan kurang penting pegawai BPJSTK. Sedangkan Wanlog (Wawancara Psikologinya) lebih detil ke personal, background keluarga, prestasi dan pengalaman kerja / organisasi. Yang pasti teman-teman juga persiapkan dengan membaca profil BPJSTK Karena di tes sebelumnya (tes Deskripsi Diri) ditanyakan hal-hal yang berkaitan dengan BPJSTK seperti sifat Anda, Kelebihan dan kelemahan Anda, Masalah yang pernah Anda hadapi dan cara menghadapinya, Apa yang Anda ketahui tentang BPJSTK, Apa alasan Anda melamar di Posisi tersebut, dan Sifat seperti apa yang harus dimiliki seorang pegawai BPJSTK. Maap jika mungkin ada yang kurang, tapi kurang lebih seperti itu.

Seleksi BPJSTK dari CT, Psikotes, LGD dan Wanlog memang berlangsung selama 4 hari berturut-turut, jadi siapkan saja mental dan fisik kalian ya.

Mungkin itu saja dari saya, sukses kedepannya!!!

Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

11 komentar

Alhamdulillah terimakasih atas ulasannya mengenai tahapan tes BPJS ketenagakerjaan. Sangat sangat bermanfaat bagi para pejuang tes BPJS seperti saya ini.

maaf mau tanya..... biasanya dari pengumuman hasil test online ke ct nya berapa lama yah?

Alhamdulillah.. terima kasih atas kunjungannya :D

klo pengalaman sy dlu setengah bulan.. sy tes online tgl 29 mei dan tes CTnya 16 april.. itu juga menyesuaikan mbak fitri.. soalny dri tes onlinenya kn dibagi ke beberapa hari.. klo dpet tes online paling awal, ya berarti masa tunggu CTnya agag lama sebari nunggu teman2 yg tes online selesai :)

ya, maksudnya dari pengumuman lolos tes online ke tes confirmantory nya ada jeda waktu gak.... masalahnya aku belum buat SKBN nya..... 1 atau 2 hari gitu....

Bang, jika saya salah tulis nomor ijazah, apakah bisa tetap lolos tidak?
saya sedih banget nih

tolon replly ke email saya juga

makasih mas infonya sangat membantu

Jadi aman ya kalo belum ada SKBN waktu CT begini mas?
Tapi sejauh ini sangat membantu mas :)

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

mas kira-kira diskusi grup, in englishkah?

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...