Kali ini saya ingin membahas mengenai warna. Warna adalah
salah satu unsur paling penting dalam dunia desain. Ya, karena warna tersebut
dapat berbicara melalui gambar ataupun karya desain kita. Bila salah dalam
memadukan warna, maka karya desain kita akan kehilangan esensi, maksud dan
tujuan mengapa desain itu dibuat.
Misalnya saja kita ingin membuat desain yang target nya
adalah anak-anak umur 10 tahun ke bawah yang notabene identik dengan dunia yang
cerah dan bahagia, maka perpaduan warna yang tepat adalah warna-warna cerah.
Bila kita menggunakan warna-warna gelap, maka desain kita terlihat mati dan
kehilangan esensi seperti saya katakan di atas.
Berikut adalah makna dari masing-masing warna yang dapat
membantu sobat dalam menentukan arah sebuah karya desain :
1. Warna Merah
Merah adalah warna dari api dan darah, maka merah sering
dihubungkan dengan energi, perang, bahaya, kekuatan, tekat yang kuat, hasrat,
dan cinta.
Merah adalah warna yang mempunyai unsur emosional yang kuat.
Warna ini dapat mempertinggi metabolisme tubuh manusia, meningkatkan
pernapasan, dan menaikkan tekanan darah. Warna ini sangat mudah dilihat, itulah
kenapa warna ini sering digunakan sebagai tanda-tanda rambu lalu lintas,
tanda-tanda larangan, dan peralatan
pemadaman api juga banyak yang bewarna merah. Dalam ilmu kelambangan, warna
merah sering diindikasikan dengan
keberanian. Sehingga wajar warna ini terdapat di banyak bendera negara-negara.
Warna merah dapat membuat sebuah objek terlihat sangat
jelas, atau dalam bahasa inggris disebut dengan istilah “eye catching”.
Sehingga warna merah ini cocok untuk digunakan sebagai warna dari banner ‘Beli
Sekarang’ atau ‘Klik Disini’. Dalam dunia periklanan, warna merah sering
menimbulkan kesan ‘erotis’ (bibir merah, kuku bewarna merah, dll). Merah juga
sering diindikasikan sebagai bahaya (tanda tegangan tinggi, rambu lalu lintas,
dll). Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, warna merah juga sering
dihubungkan dengan energi, sehingga kita dapat memakai warna ini untuk
mempromosikan minuman berenergi, permainan, mobil, hal-hal yang berhubungan
dengan olahraga dan aktifitas fisik lainnya.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna merah :
warna merah muda melambangkan kegirangan, seksualitas,
hasrat, sensitifitas, dan cinta.
warna pink/merah muda melambangkan kisah percintaan, dan
pertemanan. Sering dihubungkan dengan hal-hal berbau feminim.
warna merah gelap melambangkan kegeraman, kedengkian,
kemarahan, kemurkaan, kepemimpinan, keberanian, keinginan, tenaga, dan
ketekunan.
warna coklat melambangkan stabilitas dan sering dihubungkan
dengan hal-hal berbau kejantanan atau maskulin.
warna coklat kemerah-merahan sering dihubungkan dengan musim
panen dan gugur.
2. Warna Kuning
Kuning adalah warna dari matahari terbit. Sering dihubungkan
dengan keceriaan, kebahagiaan, orang pandai, dan energi.
Kuning menghasilkan efek hangat, membangkitkan kegembiraan,
merangsang aktifitas mental, dan membangkitkan energi. Kuning juga sering
dihubungkan dengan makanan. Warna kuning yang cerah juga merupakan warna
‘penyerap perhatian’, itulah sebabnya warna kuning banyak dipakai sebagai warna
angkutan umum dan taksi. Tetapi bila terlalu banyak menggunakan warna kuning
dapat menimbulkan efek ‘mengganggu’. Menurut pengalaman dan ‘curhat’
orang-orang, seorang anak bayi akan menangis bila diletakkan di dalam ruangan
yang keseluruhannya bewarna kuning. Kuning juga sering dihubungkan dengan nada
peringatan. Dalam ilmu kelambangan, kuning diindikasikan dengan kehormatan dan
kesetiaan. Di sebagian kasus, kuning juga sering dihubungkan dengan perasaan
kecut hati/pengecut.
Gunakan warna kuning untuk menimbulkan rasa senang, dan
bahagia. Kita dapat memilih warna kuning untuk mempromosikan produk anak-anak.
Selain merah, warna kuning ini juga sangat efektif untuk menarik perhatian,
jadi gunakanlah warna ini untuk menyoroti elemen-elemen penting dalam desain
kita. Bagi seorang pria, warna kuning adalah warna yang lembut, dan
kekanak-kanakan, jadi saya tidak merekomendasi untuk menggunakan warna ini
dalam mempromosikan produk-produk maskulin pria – tidak ada pria yang akan
membeli jas bewarna kuning atau kacamata bewarna kuning. Warna kuning juga
melambangkan ketidakstabilan dan spontanitas, jadi hindari penggunaan warna ini
bila anda ingin melambangkan stabilitas dan keamanan. Warna kuning adalah warna
yang cerah, sehingga akan mati bila dipasangkan dengan warna putih. Jadi warna
kuning memerlukan warna yang lebih gelap.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna kuning :
Kuning kecokelatan melambangkan kebusukan, kerusakan,
penyakit dan rasa cemburu.
Kuning muda sering dihubungkan dengan intelek, kesegaran,
dan kegembiraan.
3. Warna Oranye / Jingga
Warna jingga adalah kombinasi energi dari warna merah dan
kegembiraan dari warna kuning. Warna ini sering dihubungkan dengan kegembiraan,
matahari terbit, dan musim tropis. Warna
jingga melambangkan rasa antusias, daya tarik, kegembiraan, kreatifitas,
kebulatan tekad, perhatian, sukses, dorongan, dan perangsang.
Dalam pandangan manusia, warna jingga adalah warna yang
bersemangat, sehingga warna ini memberikan efek sensasi yang ‘hangat’. Namun,
jingga tidak seagresif warna merah. Warna jingga meningkatkan suplai oxigen
dalam otak, dan memproduksi efek kesegaran, dan menstimulasi aktifitas mental.
Warna ini sangat cocok dengan kaum muda. Karena jingga adalah warna jeruk, maka
warna ini sering dihubungkan dengan makanan sehat dan nafsu makan. Warna jingga
juga merupakan warna musim gugur dan musim panen. Dalam ilmu kelambangan, warna
jingga merupakan simbol kekuatan dan daya tahan.
Warna jingga juga sangat mudah menarik perhatian, sehingga
kita dapat menggunakannya untuk menarik perhatian dari elemen-elemen penting
dalam desain kita. Warna jingga sangat efektif dalam mempromosikan produk
makanan dan mainan.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna jingga :
Jingga tua dapat berarti ketidak-percayaan dan kebohongan.
Jingga kemerahan melambangkan hasrat, seksualitas,
kenyamanan, dominasi, dan penyerangan.
Emas melambangkan rasa wibawa dan martabat. Warna emas juga
berarti penerangan, kerajaan, dan kekayaan. Warna Emas sering disimbolkan
dengan ‘kualitas tinggi’.
4. Warna Biru
Biru adalah warna langit dan lautan. Warna ini sering
dihubungkan dengan kedalaman dan stabilitas. Biru melambangkan kepercayaan,
kesetiaan, kebijaksanaan, kepercayaan diri, kecerdasan, kepercayaan, kebenaran,
dan surga.
Warna biru dirasa bisa bermanfaat untuk pikiran dan tubuh
manusia. Warna ini dapat memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek
ketenangan. Biru sering dihubungkan dengan kedamaian dan ketenangan. Dalam ilmu
kelambangan, warna biru digunakan untuk melambangkan kesalehan dan ketulusan
hati.
Kita dapat menggunakan warna biru untuk mempromosikan produk
dan jasa yang berhubungan dengan kebersihan (penyaringan air, pembersih
cairan), udara dan langit (penerbangan,
bandara, AC), air dan lautan (pelayaran, air mineral). Kebalikan dari ‘kehangatan’
yang ada pada warna merah, kuning, dan jingga; warna biru ini sering
dihubungkan dengan kesadaran dan kepandaian. Gunakan warna biru untuk
melambangkan ketelitian/kecermatan ketika mempromosikan produk-produk canggih.
Warna biru adalah warna maskulin. Berdasarkan penelitian,
warna biru adalah warna yang paling diterima oleh para lelaki. Hindari
penggunaan warna biru ketika mempromosikan makanan dan masakan, karena warna
biru akan mengurangi rasa napsu makan. Ketika biru dipadukan dengan warna hangat
seperti kuning dan merah, warna biru dapat melambangkan pengaruh yang besar,
dan rasa semangat. Sebagai contoh, biru-kuning-merah adalah paduan warna yang
pas untuk melambangkan ‘superhero’.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna biru :
Biru muda melambangkan kesehatan, penyembuhan, kedamaian,
pengetahuan, dan kelembutan.
Biru tua melambangkan pengetahuan, kekuatan, integritas, dan
keseriusan
5. Warna Hijau
Hijau adalah warna alam. Warna ini melambangkan pertumbuhan,
harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau secara emosional dapat berarti
keamanan. Warna hijau tua sering dihubungkan dengan uang.
Dalam ilmu kelambangan, hijau melambangkan pertumbuhan dan
harapan. Hijau adalah lawan dari warna merah dalam rambu lalu lintas. Gunakan
hijau untuk mengindikasikan keamanan ketika mempromosikan obat-obatan dan
produk medis lainnya. Hijau dihubungkan dengan alam, jadi kita dapat
menggunakannya untuk mempromosikan produk-produk ‘hijau’.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna hijau :
Hijau tua sering dihubungkan dengan uang, finansial, bank,
ambisi, ketamakan, dan kecemburuan.
Hijau kekuningan melambangkan penyakit, kecut hati,
perselisihan, dan kecemburuan.
Hijau Olive melambangkan kedamaian
Hijau Aqua melambangkan emosi penyembuhan, dan perlindungan
6. Warna Ungu
Warna ungu menggabungkan stabilitas dari warna biru dan
energi dari warna merah. Ungu dihubungkan dengan keturunan raja. Warna ini
melambangkan kekuatan, bangsawan, kemewahan, dan ambisi. Warna dapat berarti
kekayaan dan keroyalan. Warna ungu juga dihubungkan dengan kebijaksanaan,
martabat, kemerdekaan, kreatifitas, misteri, dan sihir.
Berdasarkan survey, hampir 75 persen anak-anak remaja muda
lebih memilih warna ungu ketimbang warna lainnya. Warna ungu juga sangat jarang
ditemui di dalam alam. Sehingga ungu juga melambangkan ‘buatan manusia’ bukan
‘buatan alam’.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna hijau :
Ungu muda melambangkan rasa romantis, dan nostalgia. Ungu
muda adalah pilihan yang bagus untuk desain yang feminim. Kita juga dapat
menggunakan warna ini untuk mempromosikan produk-produk remaja muda dan
anak-anak.
Ungu tua melambangkan
kesuraman dan kesedihan. Warna ini dapat menimbulkan perasaan frustasi.
7. Warna Hitam
Warna hitam melambangkan kekuatan, elegan, formalitas/acara
resmi, kejahatan, dan misteri. Hitam adalah warna misterius yang dihubungkan
dengan ketakutan dan ketidaktahuan. Hitam biasanya punya makna konotasi
negatif. Tapi warna hitam merupakan kekuatan dan kekuasaan; warna ini sering
dipakai untuk menyampaikan kesan formal, elegan, dan bergensi (sepatu kulit
hitam, dasi hitam, Mercedes hitam, kacamata hitam). Dalam ilmu kelambangan,
warna hitam melambangkan dukacita.
Gaun ataupun jas hitam dapat membuat seseorang terlihat
lebih ramping. Ketika kita mendesain sebuah gallery karya fotografi, kita dapat
menggunakan hitam ataupun abu-abu sebagai warna latar untuk membuat warna
lainnya (dari foto) terlihat jelas. Warna hitam sangat cocok dengan warna-warna
cerah.
8. Warna Putih
Warna putih sering dihubungkan dengan terang, kebaikan,
kemurnian, kesucian, dan keperawanan. Warna ini disarankan sebagai warna
‘kesempurnaan’.
Warna putih berarti aman, murni, dan bersih. Sebagai lawan
dari warna hitam, putih biasanya mempunyai makna konotasi yang posotif. Warna
putih dapat melambangkan keberhasilan. Dalam ilmu kelambangan, putih
melambangkan kepercayaan dan kemurnian.
Dalam dunia periklanan, puith sering dihubungkan dengan
kesejukan dan kebersihan sebab putih merupakan warna salju. Kita dapat
menggunakan putih untuk melambangkan sifat simple dalam sebuah produk yang
canggih. Warna putih sangat cocok dengan organisasi kemanusiaan. Malaikan juga
biasanya diimajinasikan memakai pakaian bewarna putih.
Warna putih juga dihubungkan dengan rumah sakit, dokter, dan
steril. Jadi kita dapat menggunakan warna putih untuk melambangkan keamanan
ketika mempromosikan produk-produk medis. Warna putih sering juga dihubungkan
dengan beban yang ringan, makanan rendah lemak, dan makanan berbahan susu.
Demikian penjabaran makna warna yang saya ketahui. Bila
teman-teman sesama desainer mempunyai tambahan makna dari sebuah warna, silakan
tuliskan itu di kolom komentar. Terima kasih :)
Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon