Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Friday, November 7, 2014

tentang akhir di awal pendakian sebenarnya

     


     Semua mengenai pendakianku. sudah 4 tahun berjalan, tapi ternyata ku belum bisa menaklukkan ‘gunung es’ ini. Walau berat tapi keyakinan untuk selesai segera di awal tahun 2015 tidak akan dibiarkan pudar begitu saja. kan ku patri itu dalam diri, karena dengan janji ini maka aku akan berhutang untuk mempertanggung jawabkannya (dalam SQ. Al-Isra’:34).

     Mengingat dahulu, banyak catatan mimpi yang ditulis di awal pendakian, namun hingga sekarang entah sudah sampai mana catatan itu hingga terlupa. Kata orang, ‘tulislah 100 impianmu dalam kertas dan segera coret sebagai bukti janjimu’.

     Banyak hal yang telah di persiapkan untuk mencapai tujuan mimpi itu, namun masih banyak juga yang masih sebatas persiapan. Tiap waktu sering tersadar untuk segera jangan kecewakan hari esok. Namun hari berikutnya terlupa lagi. Kembali tersadar lagi untuk segera memperbaiki hari esok. Tapi entah terus berulang kebodohan ntuk mengulangi aktifitas yang sama. Ternyata, kesadaran ini masih sekedar pemikiran tanpa aku berusaha bangun dari tidur nyamanku. Semua itu bukannya tak sanggup, tapi tak berani. Ku akui itu.

     Ku memang bukan tipe orang yang bisa focus untuk banyak hal. Namun ku hanya ingin menjajarkan diri seperti para leader di garda depan.

     Ku tak berbicara bahwa itu berat atau mudah, tapi yang pasti tidak dengan bicara saja, tapi take action. Perencanaan yang baik adalah dengan tindakan. Oke aku mengerti itu sekarang.

     Namun timbul masalah berikutnya. Relationship?  Bagaimana bisa terfikir sampai sini? Baik, sebelumnya diawali dari sebuah hadist meriwayatkan bahwa sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan. Memaknai secara sederhana bahwa 90% rezeki kan datang ketika kita memulai usaha. Tapi teryata tidak sesimpel itu. Rezeki tak hanya sekedar materi atau harta, seperti halnya ilmu. Seberapa bagus strategi dan perencanaan kita, kan lebih banyak ilmu baru bermanfaat seperti ketika kita bergaul dengan orang-orang hebat yang menghebatkan. Baru terbukti itu, dan ku baru memahaminya bahwa rezeki kan datang ketika punya relationship yang baik pula.

     Walaupun semua sudah tertulis di Lauhul Mahfudz, namun rejeki seperti harta, ilmu, dan jodoh tidaklah kita tunggu kedatangannya namun harus kita jemput. Hidup itu perjuangan, tinggal mau mengawali atau mengakhiri pilihan sendiri apapun yang terjadi, karena itu adalah konsekuensi atas pilihan lalu. Tugas sekarang tinggal terus berusaha dan berikhtiar semaksimal mungkin.

     Jadi mengenai awal dan akhir, jadikan ini menjadi kesempatanmu, bukan karena situasi bagus datang lebih awal, tapi karena ku harus mengambil situasi sekarang lebih awal untuk usaha ini di akhir pendakian, dan segera mengakhiri pendakian nanti dengan membawa awalan bagus untuk kisah yang sebenarnya. Ku tak sabar untuk segera menjemputnya.

*** oo0oo ***

Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

1 komentar so far

Jadi mengenai awal dan akhir, jadikan ini menjadi kesempatanmu, bukan karena situasi bagus datang lebih awal, tapi karena ku harus mengambil situasi sekarang lebih awal untuk usaha ini di akhir pendakian, dan segera mengakhiri pendakian nanti dengan membawa awalan bagus untuk kisah yang sebenarnya. Ku tak sabar untuk segera menjemputnya.

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...