CMO adalah salah satu jabatan yang menjadi bagian dari divisi marketing. CMO merupakan singkatan dari Credit Marketing Officer dan CMO ini paling banyak dijumpai di perusahan finance atau leasing. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan umumnya juga memiliki CMO. Selain itu CMO juga banyak dijumpai di lembaga bank. CMO merupakan suatu jenis pekerjaan lapangan sehingga sangat cocok bagi Anda yang suka bekerja di luar kantor. Sedangkan dimasa sekarang ini tampaknya semakin sedikit orang yang mau bekerja di lapangan termasuk sebagai CMO.
Sebutan Credit Marketing Officer mungkin dibuat keren agar laku dipasaran bursa kerja sepertinya. Jika Saya sebutan lain CMO adalah marketing kredit. Jadi kita jualan duit ke orang - orang yang ingin membeli sesuatu tetapi belum punya duitnya, daripada nabung dulu bisa menggunakan jasa pembiayaan ini dan mulai menyicil duitnya, tentu saja ditambah bunga.
Kenapa pekerjaan ini dipilih? karena ada yang ingin saya pelajari secara langsung, marketingnya. Tetapi mungkin karena levelnya masih terlalu bawah, sehingga yang saya pelajari hanya sedikit hal tentang marketing dan pekerjaannya sangat repetitif, ya seperti pada pekerjaan lainnya tentu saja.
Saya pernah bekerja menjadi CMO setidaknya selama 2 tahun di PT.
Suzuki Finance Indonesia atau biasa dikenal SFI. SFI adalah lembaga pembiayan
motor, mobil & pembiayaan modal, awal berdirinya SFI sbg lembaga penbiayaan
(leasing) resmi motor suzuki. Di semarang, SFI dibagi menjadi dua yaitu 2W (Motor)
dan 4W (Mobil). Kebetulan saya ditugaskan di kantor 4W sbg CMO (Credit
Marketing Officer) yg tugasnya mentenance dgn relasi yaitu dealer Mobil suzuki
untuk membina hubungan baik supaya terus memberikan order kredit motor & mensurvei
kelayakan kredit mobil yg diberikan dari dealer.
Barang yang saya jual secara kredit disini lebih tepatnya adalah
sebuah mobil, yang tentunya bukan sebuah barang yang murah. Sebelum saya
menjadi CMO, saya mengira bahwa mobil itu barang yang lama lakunya apalagi
melihat regulasi pemerintah yang sedang mengontrol jumlah mobil, ternyata
seperti tidak terpengaruh, jualan mobil lumayan cepat juga untuk harga ratusan
juta, satu dealer mobil saja bisa mencapai penjualan 150 unit perbulan dalam
bentuk kas dan kredit. Bisa dibayangkan berapa omset dealer yang didapatkan.
Bagaimana cara kerja CMO?
Seorang CMO tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dalam
suatu perusahaan. Salah satunya adalah menjalankan fungsi marketing. Point tugas
CMO harus bisa menarik dan mendapatkan nasabah, dan sasaran utama CMO lebih
menyasar ke sales mobil sebagai konsumennya, bukan pembeli mobil langsung,
kenapa? Karena di sales mobil sudah tersaring mana konsumen yang ingin kredit
mobil dan mana yang ingin beli tunai langsung. Daripada kita menyasar ke
konsumen-langsung kita harus menyaring sendiri konsumen yang ingin membeli
dengan cara kredit, tidak efektif kan. Jadi, CMO berpihak 100% ke sales mobil.
Apapun yang dikatakan oleh konsumen-langsung tentang harga, bunga, dan biaya
lainnya tidak terlalu berpengaruh kalau sales mobilnya tidak setuju. Daripada
kita kehilangan satu sales mobil, lebih baik kita kehilangan satu
konsumen-langsung. Karena ke depannya sales mobil ini dapat saja mengalihkan
konsumennya ke kita lagi.
Seorang CMO juga memiliki tugas lain yang tak kalah penting yaitu
menganalisis data pengajuan kredit oleh konsumen. CMO dituntut untuk dapat
menilai (Survey) konsumen yang ingin
mengambil kredit dengan menerapkan metode 1P + 8C yaitu mengenal Purpose, character,
capacity, capital, condition of economy, collateral, continuity,
Collectibility, dan cek lingkungan.
Selain itu CMO juga harus menguasai keahlian menghitung DSR atau Debt Service Ratio calon konsumen yang akan diajukan. Melalui
penghitungan inilah maka CMO bisa memperkirakan apakah calon konsumen yang
didapatkan tersebut bisa diterima ataukah ditolak oleh credit analis.
Tugas CMO tidak sampai disini, kenapa? CMO bukan hanya mementingkan
marketing saja tetapi juga kualitas kredit konsumen. Setidaknya konsumen jangan
sampai terlambat dalam melakukan pembayaran di tiap bulan. Dalam hal ini
seorang CMO sudah seharusnya menjaga kualitas angsuran kredit konsumen di tiap
bulan agar pembayaran atau angsuran bisa dibayar sebelum jatuh tempo.
Tugas terakhir dari CMO adalah mempertahankan hubungan yang baik
dengan para konsumen. Jika seorang credit analys sudah memberikan persetujuan
terhadap calon konsumen atau nasabah maka CMO perlu tetap mempertahankan
kualitas konsumen. Pembayaran yang dilakukan oleh konsumen bagaimanapun juga
turut berpengaruh terhadap kinerja CMO. Sebab CMO akan dinilai berhasil tidak
hanya dengan mendapatkan nasabah yang banyak tetapi juga mendapatkan konsumen
yang disiplin dalam membayar angsuran.
Jadi, bagaimana dengan salarynya?
Saya selalu beranggapan kalau kerja itu jangan cuma cari salary,
karena kedepannya akan tidak bagus.. Cuma kalau memang penasaran, salary di CMO
itu sudah cukup, rata-rata gaji pokoknya di sekitar UMR, dan akan ada insentif
di setiap aplikasi yang berhasil dicairkan. Kalau menginginkan kehidupan yang
seimbang antara kerja dan rumah, kerja ngejar satu aplikasi untuk 2 hari atau
15 aplikasi sebulan, bisa mendapatkan gaji 4 jutaan. Mudah2an disetujui semua
aplikasinya ya. Tapi kalo mau gajinya tinggi, bisa sering2 main ke dealer
mobil, nongkrong sampe sore, malamnya bisa survey, paginya input data konsumen,
terus begitu sampai sebulan, dijamin gaji anda akan lebih dari 4 juta.
Namun pastinya semua pekerjaan memliki resiko, apalaki yang berhubungan dengan
finance, karena kita di sini secara tidak langsung menjadi jembatan antara
pihak leasing dengan konsumen kiranya kita tidak melakukan fraud. Karena
sebagai jembatan, jika ternyata kita terbukti melakukan fraud dan membantu
konsumen dalam pengajuan pinjaman, namun ternyata konsumen tersebut ternyata
tidak memenuhi kelayakan sebagai debitur untuk dibiayai bahkan sampai membawa kabur
mobil, kita bisa jadi terbawa ke ranah hukum.
Tips Menjadi CMO yang Handal
Berbagai tips mungkin bisa Anda jalani agar bisa menjadi seorang CMO
yang handal. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah
dengan membuat strategi marketing. Setidaknya melalui strategi marketing inilah
maka Anda bisa mencapai target konsumen. Mungkin saja Anda bisa membuat suatu
kegiatan promosi yang dapat menarik konsumen sehingga para konsumen menjadi
tertarik dan berminat untuk menjadi nasabah Anda.
Hal lain yang perlu Anda kuasai adalah pengetahuan mengenai produk
yang ditawarkan. Sudah seharusnya Anda mengenal betul produk yang ditawarkan
sehingga kelebihan dari produk yang ditawarkan bisa Anda sampaikan kepada para
konsumen. Di samping itu Anda juga perlu menguasai pasar. Artinya Anda perlu
memahami perilaku konsumen agar Anda dapat bertindak sesuai dengan keinginan
dan kebutuhan konsumen.
Kemudian yang bisa Anda lakukan sebagai seorang CMO adalah memperluas
jaringan bisnis dan hubungan pertemanan dengan siapa saja, yang artinya tidak
hanya dengan sales dealer saja. relasi yang luas dan hubungan pertemanan yang
baik akan memungkinkan bagi Anda untuk bisa mendapatkan banyak nasabah.
Kualitas Anda sebagai CMO sudah seharusnya diketahui banyak orang sehingga para
konsumen akan mempercayai Anda sebagai seorang CMO. Oleh karena itu Anda harus
memiliki sikap selalu optimis dan pantang menyerah. Dengan kegigihan Anda maka
sudah tentu Anda dapat menjadi seorang CMO yang handal dan bisa memberikan
kontribusi bagi perusahaan terkait.
Terima kasih sudah singgah di blog ini!
Semoga blog ini bisa sedikit mencerahkan Anda tentang CMO
Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon