Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Wednesday, January 25, 2017

MATEMATIKA menjadi Jurusan Terbaik di UNDIP



Kepada seluruh teman-teman semuanya saya minta maap jika mungkin kurang berkenan dengan tulisan saya ini. Saya hanya ingin melihat dan menguji mesin pencari Blog ini apakah bisa menjadi yang pertama di halaman Google. Kalau para pembaca kurang berkenan insya Alloh masih ada postingan lain di Blog ini yang bisa dibaca dan bermanfaat.

Mungkin teman-teman akan mempertanyakan judul Artikel ini yang tentu menunjuk Matematika menjadi jurusan Terbaik di UNDIP berasal dari data yang kurang valid. HAH? Kok bisa matematika? Data dari mana itu? Dan segudang tanggapan lainnya pasti akan ikut bermunculan. Memang benar apa yang saya sampaikan diatas tidak sepenuhnya benar. Tidak sepenuhnya? Yap betul Karena terbaik menurut saya adalah relatif, dan setiap orang pasti punya kriteria sendiri supaya suatu hal bisa dikatakan terbaik.

Tentu dengan begitu banyaknya jurusan dan program studi di UNDIP, saya sadar diri bahwa Matematika Masih Kalah dibandingkan Jurusan Lain seperti Teknik Kimia UNDIP yang sudah terakreditasi A. Sebenarnya di UNDIP sudah banyak jurusan dan program studi yang sudah terakreditasi A, tapi tidak menutup kemungkinan sebentar lagi dijurusan Matematika akan nyusul terakreditasi A.

Mohon maap jika Saya sedikit promosi mengenai Almamater saya yaitu Matematika. Tentunya teman-teman pasti akan ikut mengedepankan almamaternya sendiri di jurusan masing-masing kan, hehe. Jurusan Matematika ini salah satu dari 7 jurusan di Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro. Melihat perkembangannya Matematika menurut saya menjadi jurusan yang cukup bertahan dari awal berdiri hingga sekarang. Kenapa Cukup Bertahan? Karena menurut saya matematika dan jurusan lain di FSM mengalami perkembangan tiap tahunnya walaupun dalam skala yg masih kecil. Tapi sekarang Saya cukup senang di perkembangannya di 5 tahun ini, seperti pembangunan gedung baru untuk jurusan Geofisika, sarana dan prasarana, penambahan buku di perpustakaan, penggantian unit computer di laboratorium, hingga yang terpenting adalah pembaharuan dosen dan kurikulum pendidikan menjadi lebih baik.

Tahun 2014 juga menjadi tahun bersejarah Karena Matematika sudah membuka program Magister Matematika yang pastinya akan menjadi rantai pembaikan untuk jurusan kedepan.

Apakah dari semua faktor yang saya sampaikan diatas sudah menjadikan Matematika Jurusan Terbaik di UNDIP? Jawabannya adalah Belum Semuanya!!. Yang terpenting disini adalah bagaimana para alumninya bisa berkarya kembali menjadi seorang Matematikawan yang Ahli tidak hanya di dalam kelas, tapi juga di luar kelas. Saya masih teringat pepatah dari satu dosen saya “belajar matematika jangan hanya berfikir bagaimana kita menyendok, tapi juga dipikirkan bagaimana kita membuat alat sendoknya”.

Saya sebagai alumni memang punya banyak pekerjaan rumah dari ilmu yang sangat terbatas ini jika melihat permasalahan nyata didunia luar. Ilmu Matematika tidak bisa secara mentah langsung diaplikasikan ilmunya, Tapi Seorang Matematikawan harus tepat dalam memodelkan suatu masalah nyata ke bentuk matematika supaya bisa diselesaikan. Jika boleh diibaratkan ilmu matematika seperti udara, tidak tampak tapi banyak sekali manfaatnya. Bukan menjadi ujung kuku, tapi menjadi dasar dari segala urat nadi. Matematika menjadi ilmu yang unik untuk dipelajari, dan tidak semua perguruan tinggi memiliki jurusan ini. Seingatku dari jurusan yang menyediakan ilmu Murni Matematika adalah mayoritas perguruan tinggi negeri. Banggalah Anda jika masuk jurusan Matematika, Karena bisa jadi dengan usaha yang keras Anda akan menjadi matematikawan hebat dan membuat matematika khususnya Matematika Undip Berjaya. Sehingga semua itu bisa menjadi siklus antara akademisi, kampus dan para alumni untuk bisa bersama-sama berkembang menjadi lebih cepat.

Yah itu sedikit cerita mengenai Matematika, khususnya Matematika UNDIP. Gimana, masih meremehkan jurusanku itu? Jangan salah, Karena semua akan indah pada waktunya.. eeaaaa..
Mohon maaf jika saya sedikit mengutip beberapa kata dari mas arsyil. Mudah-mudahan semua ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat untuk kemajuan bersama.

by ANDITIA NURRONI for MATEMATIKA UNDIP


Matematika All The Way!!!


Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

2 komentar

Kak itu kuota siswanya berapa ya ?

Kalo mau jadi guru bisa nggak ya

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...