Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Thursday, November 21, 2013

TugasTI - Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI
NAMA           : ANDITIA NURRONI
NIM              : 24010110130080



I.          LATAR BELAKANG
Dan saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat moderen, kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek Teknologi Informasi. Tanpa adanya teknologi informasi, manusia akan kesulitan untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi.
Kini teknologi informasi berkembang begitu cepat seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Teknologi informasi dan komunikasi ini memiliki banyak sekali peranan dan dampaknya dalam berbagai bidang, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, social budaya dan lain sebagainya.
Akhir-akhir ini perkembangan teknologi sangat pesat contohnya seperti games, musik, video, handphone, internet dsb. Teknologi bukanlah sesuatu yang mutlak  bermanfaat, teknologi tetap ada sisi buruknya. Bisa diibaratkan pisau, teknologi jika digunakan di jalan yang benar maka akan membawa manfaat, namun jika disalah gunakan akan membawa mudharat. Akibat pesatnya teknologi tersebut membuat kita menjadi sangat tergantung dengan yang namanya teknologi, terutama internet. bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat.

II.        SITUS-SITUS DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENULISNYA

1.    Judul  : Dampak Perkembangan Teknologi Informasi
Penulis : Arozisokhi Zebua

2.    Judul  : Dampak Teknologi Informasi
Penulis: Anne Ahira

3.    Judul  : Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi
Penulis         : Inspirasi Digital – memberi inspirasi tak terbatas

4.    Judul  : Menyiasati kemajuan teknologi gadget untuk kaum muda
Penulis         : ANIE SURYANINGRUM - Pemerhati Masalah Remaja

III.       PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BERBAGAI BIDANG

1.  Bidang Ekonomi
Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi,distribusi,dan komsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau Ekonomi Informasi.
Selain itu dapat meningkatkan kualitas managemen perusahaan sehingga produktifitas meningkat.

2.  Bidang Pendidikan
Dalam dunia pendidikan teknologi Informasi dapat merubah pendidikan tatap muka yang konvensional kearah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995).
Kecenderungan dunia pendidikan Indonesia dimasa mendatang adalah:
·         Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
·         Laboratorium lebih berfungsi sebagai sumber informasi dari pada sekedar rak buku.
·         Penggunaan perangkat teknologi informasi CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan televisi dan video.
·         Bentuk-bentuk materi pelajaran dapat disimpan kedalam web dan CD room, Flashdisk, dan materi guru di buat dalam bentuk presentasi sehingga para siswa dapat men-download/men-copy.
·         Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses komputerisasi.Contoh: nomor induk siswa,nilai siswa,koreksi ujian,pembagian kelas,ranking,dll.
·         Perpustakaan digital yang terdapat berbagai informasi kepustakaan seperti suara,gambar dan sebagainya.
      
3.  Bidang Pemerintahan
Dalam bidang pemerintahan (egovernment) mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan internet yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa nmerupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistemm otomasi dan jaringan internet. Pada intinya Egovernment adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintahm dan pihak-pihak lain.

4.  Manfaat Egovernment yang dapat dimanfaatkan masyarakat antara lain:
·         Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat.
·         Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.
·         Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
·         Pelaksanaan pemerintah yang lebih efisien.

5.  Bidang Perbankkan
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankkan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal dan dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada sistem online. Sehingga pelanggan bank/nasabah dapat mengambil uangnya dimanapun dia berada menggunakan kartu ATM.
   
6.  Bidang IPTEK
 Program pengembangan sistem teknologi dan informasi dibidang IPTEK dimaksudkan untuk mengembangkan sistem informasi yang diperlukan untuk meningkatkan masuknya informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi didunia internasional yaitu :
·         Memperlancar pertukaran dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
·         Meningkatkan sistem perencanaan, pengelolaan, pemantauan kegiatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

7. Bidang Komunikasi
1..      Peran radio dan televisi
Keberadaan radio dan televisi komunitas ikut berpartisipasi dalam penyampaian informasi dan hiburan yang dibutuhkan komunitasnya, baik menyangkut aspirasi warga masyarakat maupun program-program yang dilakukan oleh pemerintah. Jadi selain sebagai hiburan, juga dapat menciptakan tata pemerintahan yang baik.
2.      Peran komputer, telephone, dan Internet
Komputer yang semula dirancang untuk menghitung dan menulis, dalam perkembangan berikutnya ternyata dapat menembus berbagai aspek kehidupan manusia , serta dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Hampir semua informasi dapat ditangani dan diproses oleh komputer.
Teknologi Chip dapat mengoperasikan suatu pesawat telepon seluler dan komputer juga dapat mengoperasikan kamera digital terbaru.Satu chip dapat mengatur milyaran data yang mengalir lewat jaringan telepon setiap detiknya.
Teknologi yang menghungkan jaringan raksasa komputer yang memungkinkan orang sedunia saling berkomunikasi dengan cepat adalah internet.
Jadi di bidang komunikasi, Tekno;ogi Informasi dapat mempercepat akses informasi baik sebagai pengirim maupun penerima informasi baik berupa suara(audio), data, gambar diam(photo), gambar bergerak(video), maupun informasi bentuk lain.



IV.       ANALISA SWOT DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI

1.      Kekuatan (Strength)
  • Kebutuhan komersial masyarakat meningkat terhadap teknologi
  • Kebiasaan masyarakat yang membutuhkan informasi secara instan.
  • Di dorongnya rasa percaya diri terhadap teknologi.
  • Angan-angan yang ada di dalam teknologi

2.      Kelemahan (Weakness)
o    Tehnologi dapat mengurangi kreativitas
o    Ketergantungan pemakain teknologi yang terlalu aktaratif
o    Antisocial Behavior  skm Dimana pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan komputer.
o    Tidak adanya batasan teknologi

3.      Peluang (Opportunity)
§   Pemenuhan rasa ingin tahu (need of curiousity);
§   Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”
§   Dapat memanfaatkan kebutuhan informasi
§   Banyaknya layanan berbasis teknologi

4.      Tantangan/Hambatan (Threats)
ü   Kriminalitas meningkat
ü   Violence and Gore, Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan pada komputer.
ü   Kesehatan yang kurang baik, Akibat radiasi dari teknologi.
ü   Banyaknya situs pornografi yang merusak mental.


Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...