Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Tuesday, August 18, 2020

Pengalaman Bekerja Sebagai Credit Marketing Officer atau CMO (Marketing Kredit Mobil) di PT Suzuki Finance Indonesia



CMO adalah salah satu jabatan yang menjadi bagian dari divisi marketing. CMO merupakan singkatan dari Credit Marketing Officer dan CMO ini paling banyak dijumpai di perusahan finance atau leasing. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan umumnya juga memiliki CMO. Selain itu CMO juga banyak dijumpai di lembaga bank. CMO merupakan suatu jenis pekerjaan lapangan sehingga sangat cocok bagi Anda yang suka bekerja di luar kantor. Sedangkan dimasa sekarang ini tampaknya semakin sedikit orang yang mau bekerja di lapangan termasuk sebagai CMO.


Sebutan Credit Marketing Officer mungkin dibuat keren agar laku dipasaran bursa kerja sepertinya. Jika Saya sebutan lain CMO adalah marketing kredit. Jadi kita jualan duit ke orang - orang yang ingin membeli sesuatu tetapi belum punya duitnya, daripada nabung dulu bisa menggunakan jasa pembiayaan ini dan mulai menyicil duitnya, tentu saja ditambah bunga.


Kenapa pekerjaan ini dipilih? karena ada yang ingin saya pelajari secara langsung, marketingnya. Tetapi mungkin karena levelnya masih terlalu bawah, sehingga yang saya pelajari hanya sedikit hal tentang marketing dan pekerjaannya sangat repetitif, ya seperti pada pekerjaan lainnya tentu saja.


Saya pernah bekerja menjadi CMO setidaknya selama 2 tahun di PT. Suzuki Finance Indonesia atau biasa dikenal SFI. SFI adalah lembaga pembiayan motor, mobil & pembiayaan modal, awal berdirinya SFI sbg lembaga penbiayaan (leasing) resmi motor suzuki. Di semarang, SFI dibagi menjadi dua yaitu 2W (Motor) dan 4W (Mobil). Kebetulan saya ditugaskan di kantor 4W sbg CMO (Credit Marketing Officer) yg tugasnya mentenance dgn relasi yaitu dealer Mobil suzuki untuk membina hubungan baik supaya terus memberikan order kredit motor & mensurvei kelayakan kredit mobil yg diberikan dari dealer.

 


Barang yang saya jual secara kredit disini lebih tepatnya adalah sebuah mobil, yang tentunya bukan sebuah barang yang murah. Sebelum saya menjadi CMO, saya mengira bahwa mobil itu barang yang lama lakunya apalagi melihat regulasi pemerintah yang sedang mengontrol jumlah mobil, ternyata seperti tidak terpengaruh, jualan mobil lumayan cepat juga untuk harga ratusan juta, satu dealer mobil saja bisa mencapai penjualan 150 unit perbulan dalam bentuk kas dan kredit. Bisa dibayangkan berapa omset dealer yang didapatkan.

 

Bagaimana cara kerja CMO?

Seorang CMO tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dalam suatu perusahaan. Salah satunya adalah menjalankan fungsi marketing. Point tugas CMO harus bisa menarik dan mendapatkan nasabah, dan sasaran utama CMO lebih menyasar ke sales mobil sebagai konsumennya, bukan pembeli mobil langsung, kenapa? Karena di sales mobil sudah tersaring mana konsumen yang ingin kredit mobil dan mana yang ingin beli tunai langsung. Daripada kita menyasar ke konsumen-langsung kita harus menyaring sendiri konsumen yang ingin membeli dengan cara kredit, tidak efektif kan. Jadi, CMO berpihak 100% ke sales mobil. Apapun yang dikatakan oleh konsumen-langsung tentang harga, bunga, dan biaya lainnya tidak terlalu berpengaruh kalau sales mobilnya tidak setuju. Daripada kita kehilangan satu sales mobil, lebih baik kita kehilangan satu konsumen-langsung. Karena ke depannya sales mobil ini dapat saja mengalihkan konsumennya ke kita lagi.

 


Seorang CMO juga memiliki tugas lain yang tak kalah penting yaitu menganalisis data pengajuan kredit oleh konsumen. CMO dituntut untuk dapat menilai (Survey) konsumen yang ingin mengambil kredit dengan menerapkan metode 1P + 8C yaitu mengenal Purpose, character, capacity, capital, condition of economy, collateral, continuity, Collectibility, dan cek lingkungan.

 

Selain itu CMO juga harus menguasai keahlian menghitung DSR atau Debt Service Ratio calon konsumen yang akan diajukan. Melalui penghitungan inilah maka CMO bisa memperkirakan apakah calon konsumen yang didapatkan tersebut bisa diterima ataukah ditolak oleh credit analis.

 

Tugas CMO tidak sampai disini, kenapa? CMO bukan hanya mementingkan marketing saja tetapi juga kualitas kredit konsumen. Setidaknya konsumen jangan sampai terlambat dalam melakukan pembayaran di tiap bulan. Dalam hal ini seorang CMO sudah seharusnya menjaga kualitas angsuran kredit konsumen di tiap bulan agar pembayaran atau angsuran bisa dibayar sebelum jatuh tempo.

 

Tugas terakhir dari CMO adalah mempertahankan hubungan yang baik dengan para konsumen. Jika seorang credit analys sudah memberikan persetujuan terhadap calon konsumen atau nasabah maka CMO perlu tetap mempertahankan kualitas konsumen. Pembayaran yang dilakukan oleh konsumen bagaimanapun juga turut berpengaruh terhadap kinerja CMO. Sebab CMO akan dinilai berhasil tidak hanya dengan mendapatkan nasabah yang banyak tetapi juga mendapatkan konsumen yang disiplin dalam membayar angsuran.

 

Jadi, bagaimana dengan salarynya?

 

Saya selalu beranggapan kalau kerja itu jangan cuma cari salary, karena kedepannya akan tidak bagus.. Cuma kalau memang penasaran, salary di CMO itu sudah cukup, rata-rata gaji pokoknya di sekitar UMR, dan akan ada insentif di setiap aplikasi yang berhasil dicairkan. Kalau menginginkan kehidupan yang seimbang antara kerja dan rumah, kerja ngejar satu aplikasi untuk 2 hari atau 15 aplikasi sebulan, bisa mendapatkan gaji 4 jutaan. Mudah2an disetujui semua aplikasinya ya. Tapi kalo mau gajinya tinggi, bisa sering2 main ke dealer mobil, nongkrong sampe sore, malamnya bisa survey, paginya input data konsumen, terus begitu sampai sebulan, dijamin gaji anda akan lebih dari 4 juta.


Namun pastinya semua pekerjaan memliki resiko, apalaki yang berhubungan dengan finance, karena kita di sini secara tidak langsung menjadi jembatan antara pihak leasing dengan konsumen kiranya kita tidak melakukan fraud. Karena sebagai jembatan, jika ternyata kita terbukti melakukan fraud dan membantu konsumen dalam pengajuan pinjaman, namun ternyata konsumen tersebut ternyata tidak memenuhi kelayakan sebagai debitur untuk dibiayai bahkan sampai membawa kabur mobil, kita bisa jadi terbawa ke ranah hukum.

 

Tips Menjadi CMO yang Handal

 

Berbagai tips mungkin bisa Anda jalani agar bisa menjadi seorang CMO yang handal. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah dengan membuat strategi marketing. Setidaknya melalui strategi marketing inilah maka Anda bisa mencapai target konsumen. Mungkin saja Anda bisa membuat suatu kegiatan promosi yang dapat menarik konsumen sehingga para konsumen menjadi tertarik dan berminat untuk menjadi nasabah Anda.

 

Hal lain yang perlu Anda kuasai adalah pengetahuan mengenai produk yang ditawarkan. Sudah seharusnya Anda mengenal betul produk yang ditawarkan sehingga kelebihan dari produk yang ditawarkan bisa Anda sampaikan kepada para konsumen. Di samping itu Anda juga perlu menguasai pasar. Artinya Anda perlu memahami perilaku konsumen agar Anda dapat bertindak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

 

Kemudian yang bisa Anda lakukan sebagai seorang CMO adalah memperluas jaringan bisnis dan hubungan pertemanan dengan siapa saja, yang artinya tidak hanya dengan sales dealer saja. relasi yang luas dan hubungan pertemanan yang baik akan memungkinkan bagi Anda untuk bisa mendapatkan banyak nasabah. Kualitas Anda sebagai CMO sudah seharusnya diketahui banyak orang sehingga para konsumen akan mempercayai Anda sebagai seorang CMO. Oleh karena itu Anda harus memiliki sikap selalu optimis dan pantang menyerah. Dengan kegigihan Anda maka sudah tentu Anda dapat menjadi seorang CMO yang handal dan bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan terkait.

 

 

Terima kasih sudah singgah di blog ini!

Semoga blog ini bisa sedikit mencerahkan Anda tentang CMO


Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...