Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Wednesday, January 18, 2017

Melihat Sisi Lain Pekerjaan Seorang Sainstis Ternyata Cukup Luas

Kita semua pasti punya keinginan untuk punya masa depan yang cerah. Lulus SMA terus kuliah. Pelajarannya asik, Dosen-dosennya engga ada yang killer, lulus jadi sarjana dengan IPK tinggi, lalu langsung dapet kerja di perusahaan ternama dengan gaji tinggi. Indah rasanya hidup ini kalau semua bisa lancar jaya seperti itu.

Kita bisa punya masa depan cerah asal kita merencanakan semuanya dengan baik dari sekarang. Satu dua hambatan pasti ada, yang penting kita memilih dengan mempertimbangkan kemampuan intelektual dan peluang kerja yang mungkin bisa diperolah kelak. Yang menentukan dan mengambil keputusan adalah kamu sendiri dan jangan asal pilih karena sekedar ikut pilihan teman. Masalah ini bisa jadi bumerang buat kamu. Di satu sisi akhirnya kamu sadar bahwa jurusan tersebut tidak cocok, di sisi lain sudah terlanjur diterima kuliah. Kalau mau keluar dan mencoba ikut SNMPTN kembali berarti pembuangan waktu, tenaga, dan biaya. Belum lagi jika urusan mahalnya biaya kuliah atau masalah ekonomi.

Lalu bagaimana caranya ? Bagi Saya Rumus pertama yang harus ingat adalah, “yang terbanyak belum tentu yang terbaik”. Contohnya jurusan yang paling banyak diminati saat ini adalah jurusan Ekonomi, sementara Jurusan Matematika sepi peminat. Pasti kamu enggak tahu kalo sarjana matematika justru amat dibutuhkan di bidang penerbangan atau transportasi dan produksi manufaktur.  Seperti contoh di bidang penerbangan mereka memiliki kemampuan untuk menentukan berapa lama waktu delay pada pesawat dan memprediksi jumlah antrean yang bisa terjadi saat terjadi delay. Di bidang transportasi mereka memiliki kemampuan untuk meminimumkan waktu dan jarak tembuh pengiriman barang ke beberapa tujuan tertentu dengan melewati rute-rute terbaik yang diperhitungkan sehingga bisa meminimumkan biaya operasional.



Atau yang sudah terkenal, kamu pasti mengenal Albert Enstein. Ketertarikan dan kepiawaiannya dibidang matematika justru membawanya kebidang Fisika Kuantum. Karena jagoan ngitung, Einstein malah menemukan rumus atau teori baru dibidang fisika yaitu Teori Relativitas dan jadi ngetop karenanya.

Contoh lainnya adalah jurusan kimia atau farmasi. Saat ini mereka tidak hanya piawai diruang laboratorium, tapi juga diperlukan dibidang perbankan dan media periklanan. Dibidang perbankan, orang-orang ini dibutuhkan untuk menilai perusahaan-perusahaan farmasi. Dengan banyaknya penemuan dan terobosan baru dibidang farmasi modern, banyak perusahan farmasi yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usahanya. Disinilah orang-orang yang mengerti kima atau farmasi sangat dibutuhkan untuk bisa menilai apakah perusahaan yang mengajukan layak diberi pinjaman. Sementara itu dibidang industri periklanan mereka bisa dipakai sebagai konsultan untuk membantu membuat strategi promosi.

Rumus kedua, buka mata buka telinga, maksudnya mulai sekarang kamu mesti rajin-rajin ngikuti perkembangan dunia. Apa aja yang lagi ngetrend, apa aja yang bakal jadi trend. Sebagai pengetahuan saja kalau banyak sarjana jurnalistik justru banyak diminati bukan oleh perusahaan media berita saja. Mereka diperlukan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk ngeblog dan pesbukan atau twitter. Bingung ? ya itu salah satu yang lagi ngetrend sekarang. Berkaitan dengan hal itu kamu pasti juga enggak sadar di era globalisasi saat ini, mulai bermunculan karir atau profesi baru yang tidak kita kenal sebelumnya di era 1980 atau 1990, misalnya Social Media Strategist. Mereka punya kerjaan untuk terlibat dalam media sosial secara aktif dan konsisten, menawarkan bantuan secara cepat serta nasihat-nasihat kepada pelanggan dan prospeknya. Oleh karena itu mereka harus mampu mengidentifikasi secara akurat prospek yang lagi panas dan memberi mereka perhatian khusus. Jadi mereka berbeda dengan yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Mereka tidak hanya mengelola akun sosial media yang sudah ada saja. Tetapi terus menggali saluran media sosial yang belum dimanfaatkan, memastikan untuk tetap up-to-date dengan tren media sosial. Mereka yang bekerja dibidang ini selain harus punya ketrampilan komunikasi tertulis juga harus punya keterampilan multitasking untuk dapat mengelola berbagai kegiatan media sosial secara bersamaan. Kalau kamu punya gairah dan rasa ingin tahu yang besar untuk mengikuti topik-topik yang sedang trend atau panas di media-media sosial, kamu mungkin bisa cocok untuk mengambil jurusan yang berkaitan dengan bidang ini. Seperti saya walaupun masih belajar tetapi akan banyak ilmu yang bisa dipelajari.

Rumus ketiga tentu saja kamu harus tahu jurusan apa saja yang ada diperguruan tinggi, definisinya, penjabarannya dan ilmu apa saja yang bisa kamu dapat di jurusan tersebut. Yang tidak kalah penting juga cari tahu para alumninya sudah bekerja dimana saja. Dari situ kamu jadi punya gambaran kira-kira lapangan pekerjaan apa saja yang bisa kamu masuki setelah lulus kuliah nanti. Saat ini kita dimudahkan jika mau cari info tentang jurusan-jurusan yang ada. Tinggal konek internet atau datang ke warnet dan tanya sama mbah Google.

Rumus terakhir dan yang paling penting adalah teguh kukuh berlapis baja. Maksudnya setelah dapat banyak informasi kamu harus yakin dengan pilihan kamu sendiri. Karena bisa saja kamu senang dengan ilmu yang didapatkan dijurusan yang kamu pilih sehingga kamu bisa lulus dengan nilai tinggi, tapi kamu belum tentu kamu senang dengan bidang pekerjaannya. Engga usah khawatir. Asal tahu saja kalau Jhon Grisham seorang sarjana hukum justru kaya raya bukan menjadi seorang pengacara akan tetapi karena punya hobi menulis justru ia menjadi seorang novelis yang karya-karyanya banyak menjadi best seller di seluruh dunia. Tentu saja novel-novel yang dikarangnya berkaitan dengan dunia hukum

Dari situ ada pembelajaran menarik yang dapat kita lihat bahwa apapun keahlian kita, semuanya datang dari satu hal yang sama yaitu keteguhan. Insya Alloh kita akan diberikan rejeki dari-Nya yang mungkin tidak kita sangka-sangka lebih baik dari apa yang sudah kita rencanakan asalkan kita mau bersungguh-sungguh.


Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...