Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Wednesday, September 4, 2013

[Review] Dengan Passion, Hobi pun Bisa Berubah jadi Duit!

Judul Buku: Passion! Ubah Hobi jadi Duit
Penulis: Dedy Dahlan
Penerbit: Elex Media Komputindo
Terbit: Februari 2011
Bahasa: Indonesia
Tebal: 212 halaman
ISBN: 9789792795066
Peresensi: Launa Rissadia
Rating: 4/5







Sinopsis

Passion! Ubah Hobi jadi Duit, sebuah angle BARU dalam memandang hidup, yang seharusnya menyenangkan! Ternyata memang rezeki dan duit bisa datang sendiri, kalau kita bahagia dan bersyukur dengan apapun yang kita kerjakan. Belilah dan renungkan isi buku ini, karena hidup adalah pilihan. Sudahkah Anda hidup sesuai dengan `Lentera Jiwa`-mu. – Nugie, Musisi dan Pencetus Gerakan “Lentera Jiwa”

Mengubah passion jadi duit adalah sebuah konsep IDEAL yang nyata. Sejak dulu, saya selalu suka memasak, dan kini, karier dan pemasukan finansial saya, saya dapatkan lewat memasak! Seru kan? Kalau Anda juga ingin merasakan apa yang saya rasakan, dan berkarier di bidang hobi Anda, maka ini adalah buku yang SANGAT saya sarankan untuk dibaca. Buku ini bisa mengubah hidup dan mencapai kebahagiaan yang tak ternilai! – Bara Pattiradjawane, Cooking Icon danCelebrity Cook
Seseorang akan jadi `Bintang` yang terbaik, apabila dia berguna bagi orang lain dan mengerjakan sesuatu dengan penuh cinta. Lewat buku ini, Anda akan tahu bagaimana caranya menjadi kaya, dan penuh kebahagiaan, karena Anda melakukannya dengan gairah seorang BINTANG! – Shahnaz Haque Ramadhan, Penyiar TV dan Radio

Tidak pernah ada kata cukup untuk menghadirkan buku-buku berbahasa Indonesia yang membedah passion. Dedy BERHASIL menggiring pembaca ke dalam pembahasan kontekstual (berkaitan dengan uang). Passion adalah mata air, dan uang adalah muara. Tidak akan pernah bisa dibalik. Baca buku ini, dan lakukan sesuatu tentang passion Anda! – Rene Suhardono, Career Coach, Penulis Buku “Your Job is Not Your Career

Saya sering menyarankan calon wirausaha untuk memulai bisnis dari minat danpassion-nya. Buku Passion! Ubah Hobi jadi Duit adalah rujukan yang tepat bagi mereka yang masih mencari ide bisnis dan cara memulainya. Baca dan praktikkan isinya! – Roni Yuzirman, Pendiri Mantevision.com dan Komunitas Tangan di Atas (TDA)

Review

Memiliki karier yang kita suka — seperti yang orang sering bilang, sesuai denganpassion — adalah dambaan banyak orang. Namun, untuk memperoleh karier yang memang benar-benar pas dengan passion yang kita punya tentu tidaklah mudah. Banyak sekali orang yang telah berpuluh-puluh tahun bekerja, namun mereka tak puas dengan yang telah dikerjakannya. Lebih-lebih banyak yang sering mengeluhkan pekerjaannya. Salah satu penyebabnya ialah mereka tidak tahu apa passionmereka. Pun hal dan kegiatan yang mereka suka.
Dalam buku Passion! Ubah Hobi jadi Duit, penulis sekaligus certified passion coachdan member ICF ini menjelaskan secara mendalam tentang bagaimana menemukanpassion yang kita punya. Buku ini terbagi menjadi tujuh chapterPassion, Tiga Jalan Kaya, Bidang Pilihan, Dua Dunia, Mentor, Tindakan Nyata, dan Konklusi. Pada bagianPassion Revolution (pendahuluan), terdapat kisah-kisah menginspirasi, seperti kisah Satriya si pengusaha online yang masih muda dan Bruce Lee. Tak cuma itu, pada bagian ini penulis memberikan penjelasan mengenai rahasia banyaknya orang-orang sukses yang masih muda, kenapa mereka bisa sukses di bidangnya masing-masing, serta pendapatan emosional.

Kita bisa menemukan passion yang kita punya dengan mengetahui lima hal dalam hidup yang bisa membangkitkan gairah & kesenangan dalam bekerja. Penulis menyebut kelima hal tersebut dengan Fun Factor (petunjuk passion). Ada pula dua cara paling mudah untuk menemukan passion dan dua jenis masalah yang dapat menghambat seseorang dalam mengembangkan hidup berlandaskan passionPassiondan hasrat pun bisa dicari dan ditemukan dengan menemukan petunjuk dalam tiga masa. Chapter satu semakin bernas dengan adanya kisah Iszur Muchtar dan Chris Lie yang sukses dengan passion-nya.

Serasi dengan sub-judulnya, chapter dua memaparkan tentang tiga jalan kaya. Pada paparan flexible way, penulis memerikan contoh mengenai kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada tiga jalan kaya tersebut. Pada chapter ini terdapat kisah Jerry Aurum yang sempat bolak-balik mengambil jalan alternatif, profesional mandiri, dan bisnis. Yang pada akhirnya berhasil mengubah hobinya jadi bisnis. Tak hanya berisi penjelasan, paparan pada chapter ini juga dilengkapi saran dari penulis untuk mencapai kekayaan dan kesuksesan pada tiga jalan kaya tersebut.

Ada tiga hal yang terlebih dulu harus kita ketahui sebelum mengubah hobi menjadi karier atau bisnis. Pada pembahasan, penulis menyertakan pula contoh penggambarannya. Sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan di dalam mengembangkan hobi dan passion, kita bisa memakai buah yang disebut dengan buah passion. Secara garis besar, pada bagian tiga ini penulis mengharuskan kita untuk mengenal diri kita sendiri dalam menentukan bidang pilihan kita sebelum mengembangkan hobi dan passion.

Chapter empat pada buku ini adalah chapter yang khusus untuk mereka yang mau mulai berpindah jalan, namun masih bergantung pada pendapatan dari tempat kerjanya saat ini. Sebagai contoh dan pelengkap pada pemaparan Living in the Two Worlds dalam chapter ini, terdapat kisah Okeu yang hidup di dua dunia dan berhasil menjalankannya dengan sangat baik. Ada pula penjelasan poin-poin penting yang harus kita perhatikan dalam langkah mengubah hidup kita.

Pada chapter lima, penulis menceritakan salah seorang mentornya yang bernama Mr. Kotle. Dalam menemukan mentor ideal, ada empat poin yang perlu dipertimbangkan. Keempat poin tersebut dijelaskan secara jelas oleh penulis. Dalamchapter berikutnya penulis memberikan tip-tip tindakan praktis yang bisa kita lakukan untuk menangani kelima aspek penting dalam mulai melangkah. Tak hanya itu, ada pula contoh dan cara membuat sebuah pohon sukses, serta keuntungan memakai metode tersebut dalam memetakan perjalanan passion kita.

Pada akhir chapter enam, ada kisah menarik dan inspiratif tentang Riezka “Pisang Ijo Justmine” yang memulai bisnisnya hanya dengan modal sebesar Rp 150.000. Bayangkan teman-teman, dengan modal Rp 150.000 saja kini bisnisnya tersebut telah menjadi bisnis franchise nasional yang cabangnya terbuka di mana-mana, bahkan di Papua. Keren ya? Pada bagian ini kita seakan ditekankan bahwa dengan modal sebesar apapun kita bisa sukses seperti Riezka. Asal bisnis yang mau kita jalankan adalah bisnis dalam bidang yang memang kita sukai (sesuai denganpassion).

Di chapter Konklusi, penulis juga memberikan sebuah kisah yang bisa memotivasi kita untuk segera mencari tahu passion kita agar tak menyesal belakangan. Kisah tersebut amat menginspirasi dan membuatku tak ingin seperti Bapak yang ada di dalamnya. Meski kisahnya singkat, namun mampu menyadarkan kita akan pentingnya sebuah passion.

Adanya F&Q yang terdapat pada bagian akhir masing-masing chapter sangat membantu dalam mencari pencerahan. Sebab, pertanyaan-pertanyaan yang tertera di buku sangat dekat dengan keseharian. Bahkan sering kita tanyakan pada diri kita sendiri. Selain itu, adanya gambar ilustrasi yang bikin cerah sehingga tidak membuat jenuh. Ditambah dengan adanya kata-kata yang ditulis dengan huruf kapital, yang menandakan sebuah penekanan dalam kalimat yang penulis anggap penting.

Dalam setiap penjelasannya, penulis memberikan contoh nyata sehingga kita yang membaca paparannya pun semakin memahami maksud dari apa yang disampaikan. Yang kusuka dari buku ini yakni adanya bonus passion worksheet yang terdapat di akhir buku. Sehingga setelah semua chapter selesai kita baca, kita pun bisa langsung mencoba membuat buah passion dan pohon sukses, serta menerapkan apa yang telah dituturkan.

Bahasa yang digunakan oleh penulis juga sangat mudah dimengerti. Bila ada teman-teman yang sudah pernah mengikuti seminar atau funshop-nya, pasti akan lebih memahami isi buku ini. Karena sebagian dari isi buku ini juga dipaparkan olehnya di seminar yang diadakannya. Aku pun membaca buku ini jauh setelah mengikuti seminar dan funshop-nya. Ketika membaca buku ini aku diingatkan kembali dengan apa yang telah diterangkan oleh penulis saat mengikuti seminar dan funshop-nya.

Kelebihan lainnya yaitu jarak antara paragraf satu dengan paragraf lainnya tak terlalu rapat sehingga tidak membuat mata capek dan pusing ketika membacanya. Kekurangan yang terdapat dalam buku ini hanya beberapa typo dan ada satu quotemilik seseorang yang namanya dikenal di seluruh semesta yang tidak dicantumkan titelnya. Entah memang karena penulisnya lupa, atau penyuntingnya yang kurang teliti sehingga nama sang pemilik quote tak disebutkan. Beruntungnya hanya satuquote yang tak ada nama pemiliknya sehingga tak terlalu mengganggu.  Buku ini sangat direkomendasikan buat semua orang yang ingin mengetahui passion-nya dan langkah awal mengembangkannya.



Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...