Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Adsense

  1. Cara Daftar Google Adsense dari Blogspot

Android

  1. Cara Mudah Membuat Website atau Blog Menjadi Aplikasi Android Apk

Art Photography

  1. Akhirnya, Selamat kepada Mbak Ekka dan Mas Adit
  2. Art Photography_Part 1.. diriku di stasiun tawang
  3. Semoga ini yg Terbaik.. Mbak Eka dan Mas Adit
  4. Teruntuk Mbak Ekka & Mas Adit, Selamat Menempuh Hidup Baru
  5. Wisata Telomoyo Negeri di atas Awan - Baru!!

Artikel Matematika

  1. 5 Kampus dengan Jurusan Matematika Terbaik di Indonesia
  2. Berbahasa Matematika Itu Sederhana Tetapi Tidak Gampang!!
  3. Keunikan Bilangan Imajiner
  4. Kumpulan E-Book, materi, software matematika, ataupun tentang PKM dan PMW, Bisa di download disini..
  5. MATEMATIKA menjadi Jurusan Terbaik di UNDIP
  6. Matlab dalam Matematika, utamanya untuk Sistem Kontrol
  7. Tokoh Matematik Islam
  8. ilmu matematika

Buku Inspiratifku

  1. Jejak Sang Kala: Dari Big Bang Hingga Lubang Hitam
  2. [Review] Dengan Passion, Hobi pun Bisa Berubah jadi Duit!

Cinta

  1. Akhirnya, Selamat kepada Mbak Ekka dan Mas Adit
  2. Art Photography_Part 1.. diriku di stasiun tawang
  3. Panggilan Sayang
  4. Semoga ini yg Terbaik.. Mbak Eka dan Mas Adit
  5. Tentang cinta sejati ini..
  6. Teruntuk Mbak Ekka & Mas Adit, Selamat Menempuh Hidup Baru

Computer Science

  1. Beda Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Sistem Informasi (uraian Panjang)
  2. MATEMATIKA menjadi Jurusan Terbaik di UNDIP
  3. Perbedaan Jurusan dalam peminatan komputer (Uraian singkat dari Ilkom UNDIP)
  4. Pilihan Jenjang Karir yang Ambigu
  5. Suara Misterius di Angkasa Disebabkan Angin dari Matahari

Coretan Hati

  1. 'Menulislah'.. Yuk kita Menulis
  2. Akhirnya datang juga, hai Wisuda
  3. Aku Masih Versi Beta
  4. Ayo Semangat KKN
  5. Berawal dari Sebuah Surat, karena Dia Manusia Biasa - Baru!!
  6. Berbahasa Matematika Itu Sederhana Tetapi Tidak Gampang!!
  7. Dahsyatnya taubat nasuha
  8. Falsafah Sebuah Kehidupan
  9. Fatamorgana dalam Demokrasi PilPres
  10. Hadiah tak langsung dari Pak Jendral
  11. Hari yang Sama
  12. Hidup Adalah Sebuah Proses Penciptaan dari Diri Anda Sendiri
  13. Ironi Kehidupanku
  14. Kata Klise yang tidak diharapkan.
  15. Kertas lama dari kawanku
  16. Kesadaranku Yang Lama
  17. Ketulusan Cinta dan Air Mata
  18. Kutipan Harapan dalam Renungan
  19. Layakkah Aku bersamamu di Syurga, wahai Sahabat???
  20. Lembaran kertas kehidupan
  21. Lulus Kuliah
  22. MATEMATIKA menjadi Jurusan Terbaik di UNDIP
  23. Maafkan aku wahai sahabatku...
  24. Maha Karya yang tertunda
  25. Matematika all the way, semoga benar untukku.
  26. Melihat Sisi Lain Pekerjaan Seorang Sainstis Ternyata Cukup Luas
  27. Oh skripsi.
  28. Pengalaman Bekerja Sebagai Credit Marketing Officer atau CMO (Marketing Kredit Mobil) di PT Suzuki Finance Indonesia - Baru!!
  29. Prinsip- prinsip Utama Umat Islam Dalam Menjalani Hidup
  30. Renungan Tentang Sukses
  31. Semangat toga sarjana dari temanku
  32. Surat Kerinduan dan Pesanku Untukmu Sahabat
  33. Tembok Bukanlah Solusi Untuk Membangun Bangsa. Maka Apa Yang Harus Kita Lakukan?
  34. Terasa Berbeda
  35. Untukmu wahai Pahlawan
  36. Wisata Telomoyo Negeri di atas Awan - Baru!!
  37. andimensi, lahir sebuah nama dari dimensi banyak
  38. ayo Anditia, Tetap Yakin dan Semangat
  39. dalam keberanian disanalah ada harapan
  40. tentang akhir di awal pendakian sebenarnya

Design

  1. Makna Warna dalam Desain
  2. andimensi, lahir sebuah nama dari dimensi banyak

Esay

  1. Melihat Sisi Lain Pekerjaan Seorang Sainstis Ternyata Cukup Luas
  2. Pencitraan Hanya Membuahkan Kekecewaan yang Mendalam

Inspirasi Muda

  1. 'Menulislah'.. Yuk kita Menulis
  2. 5 Kampus dengan Jurusan Matematika Terbaik di Indonesia
  3. Aku Masih Versi Beta
  4. Asimetri Sarjana Sains & Sarjana Sosial
  5. ENTREPRENEUR ATAU FREELANCER ANDA MAU YANG MANA?
  6. Ingatanku dalam 5CM Quotes
  7. KEKUATAN MOTIVASI
  8. Kisah Si Anak Kecil
  9. Kuliah sambil kerja.. bisa Seimbangkah?
  10. MIPA tak Miskin Prospek Kerja
  11. Matematikawan, Problem Solver di Industri Migas
  12. Memaknai Sejarah Perjuangan di Hari Kartini
  13. Mencari Pengalaman Kerja Tak Harus dengan Loncat-Loncat Perusahaan - Baru!!
  14. Menjadi Dosen di Indonesia
  15. Moshe Kai Cavalin, Bocah Jenius Bergelar Sarjana di Usia 11 Tahun
  16. Pengalaman Bekerja Sebagai Credit Marketing Officer atau CMO (Marketing Kredit Mobil) di PT Suzuki Finance Indonesia - Baru!!
  17. Pengembangan Diri Mahasiswa untuk Sukses
  18. metamorphose menjadi seperti kupu-kupu.

IslaMedia

  1. 5 Prinsip Membangun Keluarga Bahagia
  2. Berbahasa Matematika Itu Sederhana Tetapi Tidak Gampang!!
  3. Dahsyatnya taubat nasuha
  4. ISRA DAN MI’RAJ KE LANGIT DAN SHALAT FARDLU LIMA WAKTU
  5. Keutamaan Orang yang Berilmu
  6. Layakkah Aku bersamamu di Syurga, wahai Sahabat???
  7. Makna Berkurban di Hari Raya Idhul Adha
  8. Memaknai hubbud Dunya dari diri sendiri
  9. Panggilan Sayang
  10. Pengetahuan tentang Semesta dalam Diri
  11. Prinsip- prinsip Utama Umat Islam Dalam Menjalani Hidup
  12. Rahasia Iblis yang Terungkap
  13. Syirik serta Bahayanya
  14. Tiga Prinsip Islam

Jobseeker

  1. TAKTIK UNTUK MENGHADAPI SELEKSI KERJA - Baru!!
  2. Hard skills dan Soft Skills dalam Dunia Pekerjaan
  3. Mencari Pengalaman Kerja Tak Harus dengan Loncat-Loncat Perusahaan - Baru!!
  4. Mengupas Tuntas Pekerjaan Relationship Officer (RO)
  5. Pengalaman Bekerja Sebagai Credit Marketing Officer atau CMO (Marketing Kredit Mobil) di PT Suzuki Finance Indonesia - Baru!!
  6. Pengalaman Confirmatory Tes dan Psikotes BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK 2017
  7. Pengalaman Melamar di BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK 2017
  8. Psikotes PT Kalbe Farma tanggal 27 Februari 2017
  9. Tips membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) di Semarang sebagai persyaratan Kerja 2017

KKN Tratemulyo

  1. Reportase KKN PPM Tim 1 Undip Tratemulyo
  2. Selembar Suratku dalam Kenangan KKN Tratemulyo

Kampus

  1. Suara Misterius di Angkasa Disebabkan Angin dari Matahari

Kemerdekaan

  1. Fakta Menarik Mengenai Uang Baru Pecahan Rp 75.000, Apa Saja? - Baru!!

Kisah Penuh Hikmah

  1. Berawal dari Sebuah Surat, karena Dia Manusia Biasa - Baru!!
  2. Hidup Adalah Sebuah Proses Penciptaan dari Diri Anda Sendiri
  3. Hikmah Tentang Kaya Dan Sholeh
  4. Memaknai hubbud Dunya dari diri sendiri
  5. Tembok Bukanlah Solusi Untuk Membangun Bangsa. Maka Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Komputer

  1. Menghitung Biaya Listrik Bulanan yang dihabiskan PC kita! - Baru!!
  2. Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum UPGRADE RAM LAPTOP NOTEBOOK

Kumpulan Film PendekKu

  1. Kenanganku dalam sebuah Film

Kumpulan Tugas

  1. TugasTI - Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

Math Undip

  1. Ayo Semangat KKN
  2. Berbahasa Matematika Itu Sederhana Tetapi Tidak Gampang!!
  3. Kenangan PKM Jakarta-Surakarta-Yogyakarta
  4. Kertas lama dari kawanku
  5. Kumpulan E-Book, materi, software matematika, ataupun tentang PKM dan PMW, Bisa di download disini..
  6. MATEMATIKA menjadi Jurusan Terbaik di UNDIP
  7. Maha Karya yang tertunda
  8. Oh skripsi.
  9. Semangat toga sarjana dari temanku
  10. Sisi Lain Perjalanan PKM

My Adventure

  1. Wisata Telomoyo Negeri di atas Awan - Baru!!

SEO

  1. Cara Menampilkan Widget Blog pada Versi Mobile
  2. Cara Mengecek Situs Atau Blog Mobile Friendly Atau Tidak
  3. Cara Mudah Membuat Website atau Blog Menjadi Aplikasi Android Apk
  4. Referensi Tempat Download Template Blog Terbaik di Indonesia

Tips & Trik

  1. Apa Perbedaan Tes TOEFL PBT, CBT, dan IBT
  2. Mencari Pengalaman Kerja Tak Harus dengan Loncat-Loncat Perusahaan - Baru!!
  3. Menghitung Biaya Listrik Bulanan yang dihabiskan PC kita! - Baru!!
  4. Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum UPGRADE RAM LAPTOP NOTEBOOK

Toefl

  1. Apa Perbedaan Tes TOEFL PBT, CBT, dan IBT

Tutorial Blog

  1. CARA MEMBUAT ANIMASI PESAN DENGAN JQUERY ROTATOR DI BLOGGER
  2. Cara Daftar Google Adsense dari Blogspot
  3. Cara Lengkap tampil atau sembunyikan Widget di Homepage
  4. Cara Memasang File Dokumen Word, Excel, PPT dan PDF Ke Blog atau Website
  5. Cara Memasang Widget Timeline Twitter dan Lencana Google Plus di Blog dengan Mode Script
  6. Cara Membuat Archive Blog atau Daftar Isi Blog lebih baik di Laman Blog
  7. Cara Membuat Blogroll untuk Daftar Link
  8. Cara Membuat Kaligrafi Bismillah pada awal postingan Blog
  9. Cara Membuat Link Pelangi Warna-Warni di Blog
  10. Cara Membuat Permalink SEO Dan Keren Di Bawah Postingan Blog
  11. Cara Membuat Related Post dengan Gambar
  12. Cara Membuat Spoiler (AutoHide) di postingan Blog
  13. Cara Membuat Tombol Share dengan Efek Slide di Blog
  14. Cara Membuat Widget 3 in 1 Melayang (Blogger, Twitter, Facebook)
  15. Cara Menambahkan 4 elemen Baru di Atas Footer
  16. Cara Menambahkan Tombol Show Hide pada Sidebar Blog
  17. Cara Menampilkan Widget Blog pada Versi Mobile
  18. Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Engine dan Google Webmaster Tools
  19. Cara Mengecek Situs Atau Blog Mobile Friendly Atau Tidak
  20. Cara Mengganti Tampilan Scroll Bar di Blog
  21. Cara Mudah Membuat Blockquote secara Otomatis pada Postingan Blog
  22. Cara Mudah Membuat Website atau Blog Menjadi Aplikasi Android Apk
  23. Cara Mudah Membuat Widget Galeri Gambar Dilengkapi Dengan Tombol Kontrol di Blog Sendiri
  24. Cara Tercepat Memasang Widget Recent Post Bergambar
  25. Cara membuat Link pada Header Blog
  26. Cara membuat scroll pada Label, Blog Archive atau widget lainnya
  27. Dasar-Dasar HTML (Hyper Text Mark up Language)
  28. Makna Warna dalam Desain
  29. Membuat Author Box Responsive Dengan Css
  30. Membuat Daftar Isi Blog Keren 2013 Sesuai Label
  31. Membuat Daftar Isi Blog Paling Keren 2013 versi 2
  32. Membuat Kontak Mail, LinkedIn, Facebook, BBM, Whatsapp dan Line Keren di Blog
  33. Membuat Push Down Panel Dengan CSS3 di Blog
  34. Membuat Widget Hanya Tampil Di Homepage (Halaman Awal)
  35. Mengganti Older Post dengan angka
  36. Referensi Tempat Download Template Blog Terbaik di Indonesia
  37. Tabel Hex Code Warna untuk Blog atau Website
  38. Trik Membuat Widget Recent Comment di Blog

Widget

  1. Cara Memasang Widget Timeline Twitter dan Lencana Google Plus di Blog dengan Mode Script
  2. Cara Mudah Membuat Widget Galeri Gambar Dilengkapi Dengan Tombol Kontrol di Blog Sendiri

pendidikan

  1. Menyikapi Sistem Pendidikan di Masa Pandemik Covid-19 - Baru!!

psikotes

  1. Apa Perbedaan Tes TOEFL PBT, CBT, dan IBT
  2. Hard skills dan Soft Skills dalam Dunia Pekerjaan
  3. Pengalaman Confirmatory Tes dan Psikotes BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK 2017
  4. Pengalaman Melamar di BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK 2017
  5. Psikotes PT Kalbe Farma tanggal 27 Februari 2017
  6. Tips membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) di Semarang sebagai persyaratan Kerja 2017

@Caang

Daftar Isi

Thursday, August 18, 2011

ilmu matematika

Kalkulus

Kalkulus (Bahasa Latin: calculus, artinya "batu kecil", untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret takterhingga. Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimana geometri adalah ilmu mengenai bentuk dan aljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan serta aplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.

Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.

Aljabar

Penemu Aljabar adalah Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Aljabar berasal dari Bahasa Arab "al-jabr" yang berarti "pertemuan", "hubungan" atau "perampungan" adalah cabang matematika yang dapat dicirikan sebagai generalisasi dari bidang aritmatika. Aljabar juga merupakan nama sebuah struktur aljabar abstrak, yaitu aljabar dalam sebuah bidang.

Analisis matematika

Analisis matematika merupakan sebuah analisis yang mempelajari berbagai macam dalam bidang Matematika dan Fisika. Ditemukan pertama kali oleh Leonhard Euler. Euler juga menggunakan bakatnya dalam hal analisa matematika tentang permasalahan astronomi, khusus menyangkut soal "tiga-badan" yang berkaitan dengan masalah bagaimana matahari, bumi, dan bulan bergerak di bawah gaya berat mereka masing-masing yang sama. Masalah ini --suatu masalah yang jadi pemikiran untuk abad ke-21-- belum sepenuhnya terpecahkan. Kebetulan, Euler satu-satunya ilmuwan terkemuka dari abad ke-18 yang (secara tepat, seperti belakangan terbukti) mendukung teori gelombang cahaya.


Model Matematika

Apabila fenomena fisik yang dibuat model matematikanya adalah fenomena kontinyu (jadi mengandung unsur-unsur tak terhingga, misalnya fenomena cahaya yang merupakan bentuk tenaga dengan satuan terkecil disebut foton), model matematika yang dihasilkan adalah model pendekatan.

Suatu model matematika sebagai pendekatan terhadap suatu fenomena (alami atau buatan) hanya mencakup sebanyak hingga pengamatan atau hanya mencakup daerah yang terbatas dari fenomena tersebut (yg tak terbatas) atau hanya bersifat diskrit, walaupun model tersebut masih dianggap sebagai bentuk yang sangat ideal dan yg sangat mendekati fenomena fisik aslinya.

Di masa lalu, cabang-cabang matematika yg mempelajari fenomena fisik kontinyu (gelombang, panas, elastisitas suatu material, gerak cairan, dsb) mendominasi cabang-cabang matematika yang bisa diterapkan pada berbagai fenomena fisik seperti yang biasa dipelajari dalam fisika dan kimia. Sebagai akibatnya, cabang-cabang matematika ini digolongkan dalam kelompok matematika terapan atau matematika fisika.

Tetapi sejak berkembangnya ilmu-ilmu komputer, penerapan cabang-cabang matematika yg mempelajari fenomena-fenomena yang bukan sekedar diskrit, bahkan berhingga, berkembang dengan cepat. Sebagai contoh, konsep lapangan hingga (Inggris: finite fields) yang dulu dianggap sebagai cabang murni dari ilmu aljabar merupakan salah satu tulang punggung penting dalam coding theory.

Demikian pula, teori ukuran (Inggris: measure theory) semakin banyak penerapannya, khususnya dalam teori fraktal dan kaitannya dengan teori chaos. Tentu saja para matematikawan masih bisa mempelajari aspek-aspek dari teori fraktal dan chaos tanpa harus mendalami teori ukuran.

Untuk fenomena fisik yang berhingga, model matematikanya (misalnya model dan perumusan matematis untuk sinyal, decoder dan encoder kode Reed-Muller), yang dibuat bukan lagi model pendekatan, tetapi sudah merupakan model eksak.

Pada beberapa cabang-cabang matematika tertentu, istilah 'model matematika' bisa dipersempit dan sebagai akibatnya, definisi atau pengertian (yang khusus) dari kata 'model matematika' dalam suatu cabang matematika bisa berbeda dengan arti kata yang sama di cabang matematika yang lain.

Di bawah ini diberikan gambaran umum satu kelompok model-model matematika dalam suatu cabang matematika yang besar dan luas, walaupun biasanya masih tergolong dalam kelompok matematika terapan.

Model Matematika Dalam Optimisasi dan Kontrol

Seringkali para insinyur atau engineer menganilisis suatu sistem dari suatu fenomena (alam atau buatan) dengan tujuan agar sistem tersebut terkontrol atau bisa dioptimalkan kinerjanya dengan membuat model matematikanya.

Dalam analisis, para insinyur dan engineer dapat membuat model deskripsi dari sistem sebagai perkiraan (hipotesis) bagaimana sistem bisa bekerja, atau bagaimana kejadian yang akan datang bisa memengaruhi sistem. Demikian pula, dalam pengkontrolan terhadap suatu sistem, para insinyur dan engineer bisa mencoba beberapa cara mengontrol melalui simulasi.

Sebuah model matematika dalam optimisasi dan kontrol biasanya menggambarkan suatu sistem sebagai kombinasi dari sekumpulan peubah (variables) dan sekumpulan persamaan yang menyatakan hubungan antara peubah-peubah tersebut. Nilai-nilai dari peubah bisa apa saja; berupa bilangan-bilangan alami (real) atau bulat, Boolean atau berupa barisan angka-angka dan karakter (strings).

Peubah-peubah tersebut menyajikan beberapa sifat dari sistem, misalnya nilai luaran (output) dari hasil pengukuran, data waktu, alat hitung, banyaknya suatu kejadian muncul atau terulang, dsb. Model matematika yang sesungguhnya di sini adalah sekumpulan fungsi-fungsi yang menyatakan hubungan antara beberapa peubah-peubah yang berbeda.

Untuk referensi lebih rinci (tentang building blocks, tujuan dan kendala-kendala, jenis-jenis peubah, dsb, dari model ini, dipersilahkan membaca di [1]

Teori Model

Dalam matematika, Teori Model adalah ilmu yang menyajikan konsep-konsep matematis melalui konsep himpunan, atau ilmu tentang model-model yang mendukung suatu sistem matematis.

Teori Model diawali dengan asumsi keberadaan obyek-obyek matematika (misalnya keberadaan semua bilangan) dan kemudian mencari dan menganilisis keberadaan operasi-operasi, relasi-relasi atau aksioma-aksioma yang melekat pada masing-masing obyek atau pada kumpulan obyek-obyek tersebut.

Independensi dua hukum matematis - yang lebih dikenal dengan nama axiom of choice dan continuum hypothesis - dari aksioma-aksioma teori himpunan (dibuktikan oleh Paul Cohen dan Kurt Gödel) adalah dua hasil terkenal yang diperoleh dari Teori Model.

Telah dibuktikan bahwa axiom of choice dan negasinya konsisten dengan aksioma-aksioma Zermelo-Fraenkel dalam teori himpunan dan hasil yang sama juga dipenuhi oleh continuum hypothesis. In adalah contoh penerapan metoda Teori Model pada aksioma-aksioma teori himpunan.

Sebuah contoh dari teori model bisa disajikan oleh himpunan semua bilangan alami R bersama-sama himpunsn semua relasi dan/atau fungsi-fungsi, misalnya { ×, +, −, ., 0, 1 }.

Pernyataan yang dilambangkan dengan

"∃y (y × y = 1 + 1)"

adalah benar untuk y € R, sebab kita bisa mendapatkan akar 2 sebagai solusinya. Tetapi pernyataan yg sama bernilai salah apabila y diharuskan bilangan rasional.

Pernyataan yang agak mirip

"∃y (y × y = 0 − 1)",

bernilai salah apabila y diharuskan bernilai real, tetapi pernyataan tersebut bernilai benar apabila y dibolehkan bernilai kompleks.

Jadi nilai benar atau salah suatu pernyataan dalam pembicaraan tentang sembarang unsur y dari suatu himpunan, tergantung pada himpunan yang memuat y tersebut. Himpunan ini disebut himpunan semesta atau semesta pembicaraan dari pernyataan tersebut.


Teori Graf

Dalam matematika dan ilmu komputer, teori graf adalah cabang kajian yang mempelajari sifat-sifat graf. Secara informal, suatu graf adalah himpunan benda-benda yang disebut simpul (vertex atau node) yang terhubung oleh sisi (edge) atau busur (arc). Biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan simpul) yang dihubungkan oleh garis-garis (melambangkan sisi) atau garis berpanah (melambangkan busur). Suatu sisi dapat menghubungkan suatu simpul dengan simpul yang sama. Sisi yang demikian dinamakan gelang (loop).

Banyak sekali struktur yang bisa direpresentasikan dengan graf, dan banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan bantuan graf. Jaringan persahabatan pada Friendster bisa direpresentasikan dengan graf: simpul-simpulnya adalah para pemakai Friendster dan ada sisi antara A dan B jika dan hanya jika A berteman (berkoinsidensi) dengan B. Perkembangan algoritma untuk menangani graf akan berdampak besar bagi ilmu komputer.

Sebuah struktur graf bisa dikembangkan dengan memberi bobot pada tiap sisi. Graf berbobot dapat digunakan untuk melambangkan banyak konsep berbeda. Sebagai contoh jika suatu graf melambangkan jaringan jalan maka bobotnya bisa berarti panjang jalan maupun batas kecepatan tertinggi pada jalan tertentu. Ekstensi lain pada graf adalah dengan membuat sisinya berarah, yang secara teknis disebut graf berarah atau digraf (directed graph). Digraf dengan sisi berbobot disebut jaringan.

Jaringan banyak digunakan pada cabang praktis teori graf yaitu analisis jaringan. Perlu dicatat bahwa pada analisis jaringan, definisi kata "jaringan" bisa berbeda, dan sering berarti graf sederhana (tanpa bobot dan arah).

Sedikit lebih formal

Suatu graph G dapat dinyatakan sebagai G = < V,E > . Graph G terdiri atas himpunan V yang berisikan simpul pada graf tersebut dan himpunan dari E yang berisi sisi pada graf tersebut. Himpunan E dinyatakan sebagai pasangan dari simpul yang ada dalam V. Sebagai contoh definisi dari graf pada gambar di atas adalah : V = {1,2,3,4,5,6} dan E = {(1,2),(1,5),(2,3),(3,4),(4,5),(5,2),(4,6)}


Gambar dengan node yang sama dengan yang diatas, tapi merupakan digraf.

Pada digraf maka pasangan-pasangan ini merupakan pasangan terurut. Untuk menyatakan digraf (gambar kedua yang menggunakan tanda panah) kita dapat menggunakan himpunan edge sebagai berikut :

E = { < 1,2 > , < 1,5 > , < 2,5 > , < 3,2 > , < 4,3 > , < 5,4 > , < 4,6 > }

Dalam himpunan edge untuk digraf, urutan pasangan verteks menentukan arah dari edge tersebut.

Dalam teori graf, formalisasi ini untuk memudahkan ketika nanti harus membahas terminologi selanjutnya yang berhubungan dengan graph. Beberapa terminologi berhubungan dengan teori graf :

* Degree atau derajat dari suatu node, jumlah edge yang dimulai atau berakhir pada node tersebut. Node 5 berderajat 3. Node 1 berderajat 2.
* Path suatu jalur yang ada pada graph, misalnya antara 1 dan 6 ada path b \rightarrow c \rightarrow g
* Cycle siklus ? path yang kembali melalui titik asal 2 f \rightarrow c \rightarrow d \rightarrow e kembali ke 2.
* Tree merupakan salah satu jenis graf yang tidak mengandung cycle. Jika edge f dan a dalam digraf diatas dihilangkan, digraf tersebut menjadi sebuah tree. Jumlah edge dalam suatu tree adalah nV - 1. Dimana nV adalah jumlah vertex
* Graf Tak Berarah (Undirected Graph) Graf G disebut graf tak berarah (undirected graph) jika setiap sisinya tidak berarah. Dengan kata lain (vi,vj)=(vj,vi)
* Graf Berarah (Directed Graph) Graf G disebut graf berarah (directed graph) jika setiap sisinya berarah. Titik awal dari suatu sisi disebut verteks awal (initial vertex) sedangkan titik akhir dari suatu sisi disebut verteks akhir (terminal vertex). Loop pada graf adalah sisi yang verteks awal dan verteks akhirnya sama.
Dalam matematika dan ilmu komputer, teori graf adalah cabang kajian yang mempelajari sifat-sifat graf. Secara informal, suatu graf adalah himpunan benda-benda yang disebut simpul (vertex atau node) yang terhubung oleh sisi (edge) atau busur (arc). Biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan simpul) yang dihubungkan oleh garis-garis (melambangkan sisi) atau garis berpanah (melambangkan busur). Suatu sisi dapat menghubungkan suatu simpul dengan simpul yang sama. Sisi yang demikian dinamakan gelang (loop).

Banyak sekali struktur yang bisa direpresentasikan dengan graf, dan banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan bantuan graf. Jaringan persahabatan pada Friendster bisa direpresentasikan dengan graf: simpul-simpulnya adalah para pemakai Friendster dan ada sisi antara A dan B jika dan hanya jika A berteman (berkoinsidensi) dengan B. Perkembangan algoritma untuk menangani graf akan berdampak besar bagi ilmu komputer.

Sebuah struktur graf bisa dikembangkan dengan memberi bobot pada tiap sisi. Graf berbobot dapat digunakan untuk melambangkan banyak konsep berbeda. Sebagai contoh jika suatu graf melambangkan jaringan jalan maka bobotnya bisa berarti panjang jalan maupun batas kecepatan tertinggi pada jalan tertentu. Ekstensi lain pada graf adalah dengan membuat sisinya berarah, yang secara teknis disebut graf berarah atau digraf (directed graph). Digraf dengan sisi berbobot disebut jaringan.

Jaringan banyak digunakan pada cabang praktis teori graf yaitu analisis jaringan. Perlu dicatat bahwa pada analisis jaringan, definisi kata "jaringan" bisa berbeda, dan sering berarti graf sederhana (tanpa bobot dan arah).
[sunting] Sedikit lebih formal

Suatu graph G dapat dinyatakan sebagai G = < V,E > . Graph G terdiri atas himpunan V yang berisikan simpul pada graf tersebut dan himpunan dari E yang berisi sisi pada graf tersebut. Himpunan E dinyatakan sebagai pasangan dari simpul yang ada dalam V. Sebagai contoh definisi dari graf pada gambar di atas adalah : V = {1,2,3,4,5,6} dan E = {(1,2),(1,5),(2,3),(3,4),(4,5),(5,2),(4,6)}


Gambar dengan node yang sama dengan yang diatas, tapi merupakan digraf.

Pada digraf maka pasangan-pasangan ini merupakan pasangan terurut. Untuk menyatakan digraf (gambar kedua yang menggunakan tanda panah) kita dapat menggunakan himpunan edge sebagai berikut :

E = { < 1,2 > , < 1,5 > , < 2,5 > , < 3,2 > , < 4,3 > , < 5,4 > , < 4,6 > }

Dalam himpunan edge untuk digraf, urutan pasangan verteks menentukan arah dari edge tersebut.

Dalam teori graf, formalisasi ini untuk memudahkan ketika nanti harus membahas terminologi selanjutnya yang berhubungan dengan graph. Beberapa terminologi berhubungan dengan teori graf :

* Degree atau derajat dari suatu node, jumlah edge yang dimulai atau berakhir pada node tersebut. Node 5 berderajat 3. Node 1 berderajat 2.
* Path suatu jalur yang ada pada graph, misalnya antara 1 dan 6 ada path b \rightarrow c \rightarrow g
* Cycle siklus ? path yang kembali melalui titik asal 2 f \rightarrow c \rightarrow d \rightarrow e kembali ke 2.
* Tree merupakan salah satu jenis graf yang tidak mengandung cycle. Jika edge f dan a dalam digraf diatas dihilangkan, digraf tersebut menjadi sebuah tree. Jumlah edge dalam suatu tree adalah nV - 1. Dimana nV adalah jumlah vertex
* Graf Tak Berarah (Undirected Graph) Graf G disebut graf tak berarah (undirected graph) jika setiap sisinya tidak berarah. Dengan kata lain (vi,vj)=(vj,vi)

Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)

Video